Evaluasi Literatur Tentang Penerapan Transformasi Digital Pada UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi

Authors

  • Dabitha Wise Maliha Program Studi Administrasi Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Adabiah, Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.56854/jeqn.v2i2.155

Keywords:

UMKM, Transformasi Digital, Teknologi Digital, Ekonomi Digital, Pemasaran Digital

Abstract

Dalam upaya mewujudkan ekosistem ekonomi digital, Pemerintah optimis mewujudkan 30 juta UMKM untuk bisa go digital di tahun 2024. Namun, masih banyak diantara pelaku UMKM mengalami kesulitan mengadopsi teknologi digital. Untuk itu, Pemerintah berupaya menyusun strategi kebijakan komprehensif dengan meluncurkan Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030. Di tahun 2024-2025 ini, Indonesia masih berada pada fase “mempersiapkan” yang ditandai dari aspek adopsi teknologi digital yang masih terbatas dalam berbagai ekosistem bisnis dan UMKM masih berperan sebagai konsumen teknologi daripada sebagai produsen teknologi. Untuk diharapkan Indonesia beraspirasi bergerak menuju fase “tansformasi.” Penulis menggunakan metode kajian literatur untuk menelusuri langkah strategis yang telah dilaksanakan Pemerintah untuk mempersiapkan UMKM menuju transformasi digital. Artikel ini menggunakan metodologi kajian pustaka dengan teknik pengumpulan data bersumber dari Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030 dan pencarian berbagai artikel dari Google terkait Transformasi Digital UMKM. Terdapat tiga langkah yang telah dilaksanakan Pemerintah yaitu: (1) mengembangkan platform one stop shopping UMKM go digital; (2) mengembangkan layanan edukasi pemasaran digital untuk UMKM di Indonesia; (3) mendorong peningkatan literasi keuangan digital bagi UMKM.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles