Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)
DOI:
https://doi.org/10.56854/jipm.v2i1.309Keywords:
Pendidikan Matematika, STEM, Kreativitas Peserta Didik, Berpikir Kritis, Analisis IsiAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan perubahan paradigma pembelajaran, terutama dalam pengajaran matematika. Matematika memegang peran penting dalam pendidikan dan pengembangan teknologi dimasa depan. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) telah diimplementasikan di berbagai negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan abad ke-21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan proses pengajaran berbasis STEM dalam meningkatkan kreativitas peserta didik .serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis isi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman analisis isi untuk menilai aspek-aspek yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STEM dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Pembelajaran berbasis STEM dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum dan metode pengajaran inovatif.