Efektivitas Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sabariah Sabariah Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v2i1.311

Keywords:

Game Edukasi, Minat Belajar, Matematika, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektivitas game edukasi dalam meningkatkan minat siswa sekolah dasar dalam matematika. Minatnya terhadap belajar sering menghalangi prestasi akademik, terutama dalam mata pelajaran matematika, yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Memanfaatkan media yang menyenangkan dan interaktif, seperti game edukasi, adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah ini. Dalam penelitian ini, desain pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur perubahan minat belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan game edukasi. Siswa kelas IV dan V SD termasuk dalam sampel penelitian. Mereka dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan game edukasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat mereka dalam belajar matematika dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles