Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Asesmen Autentik dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis
DOI:
https://doi.org/10.56854/jipm.v2i1.312Keywords:
Penilaian Autentik, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Matematika, Efektivitas Pembelajaran, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana model pembelajaran berbasis penilaian autentik efektif dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa. Model ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta untuk mengembangkan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah siswa SMP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis penilaian autentik mengalami peningkatan kemampuan matematika yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Peningkatan ini terlihat pada kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah, berpikir secara rasional, serta menggunakan ide dalam situasi dunia nyata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penilaian autentik tidak hanya berfungsi sebagai alat ukur, tetapi juga menjadi bagian yang penting dalam proses pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran ini disarankan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di berbagai tingkat pendidikan.