Pengaruh Penggunaan Model Heuristik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.56854/jipm.v2i2.339Keywords:
Model Heuristik, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, Metode Inovatif, PendidikanAbstract
iPenelitian iini ibertujuani untuki mengevaluasi idampak ipenggunaan imodel heuristik dalam pembelajaran matematika terhadapi ikemampuan iberpikir ikreatif isiswa. Masalah utama yang diidentifikasi adalah keterbatasan metode pembelajaran tradisional yang sering kali menghambat partisipasi dan kreativitas siswa. Dalam studi ini, metode heuristik diterapkan untuk mendorong isiswa iagar ilebih aktif dan kolaboratif dalam pemecahan masalah. Data diperoleh dari dua kelompok siswa di dua sekolah yang berbeda, di mana kelompok eksperimen menerapkan model heuristik dan kelompok kontrol menggunakan metode tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelompok eksperimen meningkat dari 62,4 menjadi 78,5, sementara kelompok kontrol hanya meningkat dari 63,0 menjadi 65,3. Analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan nilai p < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model heuristik dapat secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam praktik pendidikan, dan diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif.