Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.56854/jipm.v3i1.342Keywords:
Media Sosial, WhatsApp, Pemecahan Masalah, Matematika, PengaruhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X di SMK Negeri 38 Jakarta. Metode yang digunakan adalah pendeka-tan kuantitatif dengan teknik survei, yang melibatkan 30 siswa sebagai responden. Instrumen penelitian terdiri dari angket untuk mengukur intensitas penggunaan media sosial dan tes untuk mengevaluasi kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,4705 dan nilai R Square sebesar 0,2214. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial WhatsApp memberikan kontribusi sebesar 22,14% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dengan demikian, penggunaan media sosial dapat dimanfaat-kan secara positif sebagai sarana pendukung pembelajaran matematika, khususnya dalam aspek kolaborasi dan diskusi antar siswa