Penerapan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika SMP
DOI:
https://doi.org/10.56854/jipm.v3i1.346Keywords:
Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar, Statistika, SMPS Muthmainntaul QulubAbstract
Pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan membosankan karena disampaikan secara abstrak dan kurang kontekstual. Statistika merupakan salah satu materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, namun hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM akibat metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPS Muthmainnatul Qulub. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel sebanyak 24 siswa dipilih melalui teknik nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan outdoor learning, sehingga metode ini efektif dalam membantu pemahaman materi statistika.