Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Baris dan Deret Aritmatika Kelas X SMA Al–Fikri Depok Tahun 2025

Authors

  • Rally Fio A Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta, Jakarta
  • Indra Martha Rusmana Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta, Jakarta
  • Sri Mayanty Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v3i1.348

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematika, Baris Dan Deret Aritmatika, Analisis Kemampuan Siswa, Pembelajaran Kontekstual, Studi Kasus Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi baris dan deret aritmatika di Kelas X SMA Al-Fikri Depok tahun 2025. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan 24 siswa dan guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 29% siswa memiliki pemahaman konsep tinggi, 33% sedang, dan 38% rendah. Siswa dengan pemahaman tinggi mampu menerapkan konsep secara tepat, sedangkan siswa dengan pemahaman sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal kompleks. Siswa dengan pemahaman rendah mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep, terutama pada soal-soal yang membutuhkan analisis mendalam. Simpulan penelitian menekankan perlunya strategi pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

 

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles