Usaha Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linier Dengan Menerapkan Pendekatan Belajar Tuntas Di Kelas 1 SMP Negeri 28 Medan
DOI:
https://doi.org/10.56854/jipm.v1i1.91Keywords:
siswa, kesulitan belajar, soal sistem persamaan linier, pendekatan belajar tuntas, tesAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linier. Subjek penelitian adalah 44 siswa kelas 1B yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Tes dilakukan dua kali, setelah siklus 1 dan siklus 2. Pada tes pertama, menggunakan pendekatan belajar tuntas dengan pemberian tugas individu. Hasilnya, 13 dari 44 siswa memiliki ketuntasan belajar di bawah 65%, dengan kesalahan terjadi dalam menentukan persamaan linier, metode grafik, metode eliminasi, dan operasi hitung. Secara keseluruhan, tingkat ketuntasan klasikal mencapai 70,45%. Pada tes kedua, menggunakan pendekatan belajar tuntas dengan pemberian tugas berkelompok. Dari 44 siswa, hanya 5 siswa yang memiliki ketuntasan belajar di bawah 65%, dengan kesalahan terjadi pada operasi hitung dan soal cerita. Secara keseluruhan, tingkat ketuntasan klasikal mencapai 88,64%. Terjadi peningkatan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 18,19% dari tes pertama ke tes kedua. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan belajar tuntas dengan pemberian tugas berkelompok dapat mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier.