Pengabdian Masyarakat Melalui Kesenian Tari Modern (Tari Maumere)
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v2i1.141Keywords:
Pengabdian, Peserta Didik, Tari MaumereAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk yaitu mengenalkan konsep-konsep tari maumere sebagai bentuk kebudayaan dan seni tari sebagai media kebermanfaatan sehat oleh Universitas PGRI yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Prodi Prodi PGSD, FKIP di Jl. Batujajar Gg. Sukun 1, RT 20 RW 07, Kelurahan Sukarami, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang. Adapun metodologi penelitiannya yaitu mencakup beberapa metode mulai dari ceramah materi tentang seni dan budaya, menggunakan alat peraga, praktek, bermain dan evaluasi. Kesemua kegiatan dibentuk dalam suasana serius tapi santai, serta menggunakan konsep belajar sambil bernyanyi dan menari. Hasil penelitian dalam pengabdian KKN yaitu pelaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini terlaksana dengan baik, tidak menemui kesulitan dan sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan tari modern maumere ini telah membantu meningkatkan rasa percaya diri peserta didik, meningkatkan minat bakat terhadap seni tari tradisional dan melestarikan tari-tarian yang lambat laun semakin hilang seiring berjalannya waktu, serta meningkatkan rasa cinta tanah air dengan mengenalkan tari tradisional kepada peserta didik. Selain itu juga memberikan kebermanfaan bagi anak-anak tersebut yang mana tari maumere merupakan jenis senam irama yang dilakukan secara enerjik dalam suasana ceria dan gembira dengan manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah peserta didik yang mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir pertemuan tetap sama yaitu sebanyak 12 peserta didik, serta peran tim pengabdi yang mengkoordinasikan dengan baik selama pelaksanaan kegiatan pengabdian. Pelatihan yang dilakukan juga mendapat tanggapan yang sangat positif dari kepala sekolah, kepala sekolah, siswa dan masyarakat desa.
References
Afifah, SN, Sinaga, S.I, (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Sosial Anak pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, Vol. 5.3.
Dhara Atika Putri, D. (2019). Seni Tari Dalam Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Dewi, I. A. G. P., & Satria, I. K. (2020). Konsep Tri Angga Dalam Belajar Teknik Tari Bali. Widyanatya: Jurnal Pendidikan Agama Dan Seni, 2(1), 39–46.
Ervan Yudhi Tri Atmoko, 2021, Mengenal Senam Maumere dan Manfaatnya untuk Kesehatan. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2021, 20:20 dalam s
Fatmawati, Eri Sarmila, & Fitriani Kadir. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Dengan Sistem Mapato’ Di Kelurahan Buakana. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2) : 97-110
Gandes Nurseto Wahyu Lestari, H. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharsis: Journal Of Arts Education.
Harismi, A. (Den Kamis Februari 2022). Mengenal Pengertian Sekolah Dan Fungsinya Untuk Masa Depan Anak.
John, Dewey, “Pengertian Kuliah Kerja Nyata, https://www.silabus.web.id/pengertian-kuliah-kerjanyata/ (Diakses pada tanggal 30 Desember 2021).
Lestari1, Ni Wayan Ria & I Wayan Agus Gunada. (2021). Pelatihan Seni Tari Pada Siswa Pasraman Sebagai Bentuk Transformasi Kebudayaan. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4(2) : 280-285.
Mazhud, N. (2020). Pelatihan Gerakan Dasar Tari Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas X Sma Lpp Umi.
Madaniya. Muryanto. (2019). Mengenal Seni Tari Indonesia. Semarang.
Paramartha, W., & Yasa, I. W. S. (2017). Mengungkap Model Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-guron. Mudra, 32(1), 131–140.
Pedoman Pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KKN). 2017. “Kuliah Pengabdian Masyarakat Sebagai Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Universitas Samudra.
Reindrawati, Dian Yulie., dkk. (2023). Pengenalan Keunikan Seni Budaya Indonesia-Malaysia Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa Vol 1, No 2, Mei 2023, Hal.70-75.
Robby Hidajat, E. S. (2011). Manfaat Pembelajaran Seni Tari Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar.
Sp, S. (1990). Tinjauan Seni: Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni, Saku Dayar. Yogyakarta.
Suminar, E., Fitrianur, W. L., Widiyawati, W., Fatkhiyah, D. N., & Nava, M. D. (2023). Sosialisasi Tindakan Preventif Hiv / Aids Pada Remaja Di Smp Muhammadiyah 4 Gresik. 6(2), 88–95.
Setiawati, Rahmida. 2008. Seni Tari. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Susanti, D. (2015). Analisis Tari Manjolang Sonjo Di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Koba: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 02(2), 62–72.
Takari, M. Ilmu-Ilmu Seni, Teori, Dan Metode Penelitian. Sumatera Utara : Universitas Sumatera Utara.
Telkomsel.com. Senam Maumere: Penjelasan, Gerakan Dasar, dan Manfaat nya. 19-Apr-2023. https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/senam-maumere-penjelasan-gerakan-dasar-dan-manfaatnya.
Widiharti, Sari, D. J. E., Suminar, E., Rahmah, A. L., Rizkiyah, C. K., & Mayreela, D. (2022). Pemberian Edukasi Perilaku Pencegahan Penularan Tbc Dengan Pendekatan Health Belief Model. Martabe : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 2872–2876
Widyarto, Rinto, dkk. Penciptaan Tari Modern “Raga Kuantum” Dalam Virtual. Institut Seni Indonesia Denpasar. 46-65.
Wulandari Retno Tri. Pengetahuan Koreografi Untuk Anak Usia Dini. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Yuniarvi, Rahajeng Puspita. 2017. Struktur Dan Bentuk Tari Modern Semarang Dance Lovers. Universitas Negeri Semarang
Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.