Meningkatkan Kesadaran Sosial Melalui Gotong Royong Dalam Pembersihan TPU Bersama KKN Kelompok 35 Dan Warga Desa Tengah Padang

Authors

  • Deni Wilman Akbar Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam , Universitas Islam Negeri Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v2i3.239

Keywords:

Pendidikan, Pembentukan Karakter, Berbasis Agama islam, Lingkungan Bersih

Abstract

Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan salah satu kegitan harus di laksanakan oleh semua mahasiswa UINFAS mandaailing KKN untuk menerapkan pengetahuan yang telah di peroleh selama duduk di bangku perkuliahan serta sebagai wujud nyatan pengabdian pada masyarakat.dalam hal itu mahasiswa UINFAS mandailing KKN mengikuti kuliah kerja nyata yang di laksanakan di desa Tengah Padang , yang di mulai pada tanggal 20 juli 2024 dengan tema kkn moderat untuk tujuan memberikan pengetahuan mengenai pemahaman pendidikan terhadap masyarakat, dan memberikan kekompakan dalam masyarakat serta memberi layanan semampu terhadap masyarakat Tengah Padang , memberikan solusi dan saran terhadap permasalahan baik mengenai pendidikan, keagaman, kesehatan, ekonomi, dan olahraga. Kegiatan ini dilakukan agar dapat meningkatkan pehamanan masyarakat terhadap pendidikan karakter berbasis agama islam. Sehingga terbentuknya karakter berbasis islam di desa Tengah Padang . program KKN di desa Tengah Padang , dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan mengenai bimbingan belajar serta praktek langsung. Metode yang dilakukan KKN selain pemberdayaan masyarakat yaitu memadukan penelitian dan pengabdian. Tahap awal yang dilakukan dalam kegiatan KKN ini dengan merancang dan menentukan program kerja (PROKER) selama 45 hari. Hasil. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas Perguruan Tinggi disamping pendidikan dan penelitian. Kesimpulan. Berdasarkan kuliah kerja nyata (KKN) yang sudah kami lakukan maka dapat kita simpulkan bahwa segala agenda-agenda/ program kerja yang sudah kami lakukan sangat bermanfaat bagi kami pribadinya dan juga sangat membantu bagi masyarakat di desa Tengah Padang .

References

Ainiyah Nur, Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum,Volume. 13 Nomor 1, Juni 2013.

Deana Dimas Alfianysah, Riski Dzuliliza Lathifani Nurul, Erianto, Kontribusi dan Upaya Mahasiswa Menyelesaikan permasalahan pendidikan dan Kemasyarakatan di Kampung Cikone pada Suasana Pandemi, Proceedings UIN Sunan Gudung Djati Bandung Vol: I, Nomor: LII, Desember 2021.

Hayati Fitroh, Pendidikan Karakter Berbasis Islam, Jurnal Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam,

Ilmi Miftahul, Selle Amzah, Munawir, Implementasi Ipendidikan Ikarakter Iberbasis Ipendidikan Agama Di Sekolah, Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, Volume : 19 Nomor : 2 Tahun : 2021.

Johansyah, Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian Dari Aspek Metodologis, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Volume Xi, No. 1, Agustus 2011.

Jumangin, Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam Denganmetode Keteladanan Dan Metode Pembiasaan Di Mts Negeri 1 Lampung Timur, 2017, Program Pascasarjana (Pps) Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Makmun Syukron, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Di Madrasah Sebagai Bentuk Penanaman Karakter Pemimpin Yang Ideal, Jurnal Tarbawiyah, Vol. 13, No.2, Edisi Juli - Desember 2016.

Mardawani, Lusiana, Peran Mahasiswa Dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Berkarakter Melalui Pendekatan Humanis Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Di Desa Telaga Ii, Jurnal Pekan Vol. 3 No. 1 Edisi April 2018.

Muhsinin, Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , Vol. 8, No. 2, Agustus 2013. Vol. 7 No. 1 (2018).

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles