Sosialisasi Nilai Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di Desa Rahma Agung

Authors

  • Ajeng Putu Jaibah Universitas Fatmawati Sukarno, Bengkulu
  • Erni Erni Universitas Fatmawati Sukarno, Bengkulu
  • Neta Selvi Lestari Universitas Fatmawati Sukarno, Bengkulu
  • Putri Renjani Universitas Fatmawati Sukarno, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v2i3.241

Keywords:

Sosialisasi, Moderasi Beragama, Anak Usia Dini

Abstract

Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari ribuan pulau, dengan berbagai macam Suku,ras, etnis, bahasa, dan Agama yang berbeda-beda. Tentunya  dibalik keberagaman dan kekayaan yang ada di Indonesia adakalanya diwarnai dengan berbagai permasalahan yang dapat memicu terjadinya perpecahan baik dari segi  Suku, budaya Ras dan Agama. Oleh karena itu, moderasi beragama menjadi hal yang dewasa ini terasa sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai nasionalisme dan juga nilai moderasi beragama menjadi penting untuk ditanamkan dan diterapkan sedini mungkin, terlagi kepada anak sejak dini,hal tersebut ditujukan agar anak dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai moderasi beragama di elingkungannya baik di lingkungan di Desa Rama Agung dan masyarakat. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan hal tersebut. Hal ini dikarenakan guru menjadi pihak yang bersentuhan secara langsung dengan dengan anak selama di Desa Rama Agung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunkan Teknik pengumpulan data yakni Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan nilai-nilai Moderasi beragama pada anak usia dini yakni Bertoleransi, Bersikap Adil dan saling menghormati dapat ditanamkan melalui berbagai Strategi antara lain pembiasaan – pembiasaan yang dapat ditiru anak secara langsung dari Gurunya serta berbagai metode pembelajaran seperti Bernyani, Bercerita, Tanya jawab, Bermain secara berkelompok dan Outing Class.

References

Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55.

Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2021). Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga PendidikAmrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2021). Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga Pendidikan Formal Dan Nonformal. Nizham Journal of Islamic Studies, 9(02), 57-69[an Formal Dan Nonformal. Nizham Journal of Islamic Studies, 9(02), 57-69.

Fauzi, Ahmad. 2018. "Moderasi Islam, Untuk Peradaban dan Kemanusiaan." Jurnal Islam Nusantara 2.2, hlm,233.

Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam, 3(02), 137-148.

Nisak, F. F. (2022). Upaya Peningkatan Sikap Moderasi Beragama Untuk Anak Usia Dini Melalui Multimedia Interaktif “Kids Moderations” Dalam Pembelajaran Di Ra Masyithoh Manggisan. Bernas Kids: Islamic Childhood Education Journal, 1(1), 17-36.

Pramudya, J. M. (2022). Peran guru dalam mencegah paham radikalisme melalui pengajaran nilai-nilai toleransi beragama di MTs Negeri 4 Jember (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182-194.

Risnawati, A. (2019). Peran Keluarga dalam Penanaman Nilai Kerukunan antar Agama Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 8(2), 169-178.

Rusmayani. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Islam di Sekolah Umum. 2 nd Proceeding Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) KopertaisWilayah IV Surabaya, 21-22 April 2018.

Sari, A. A. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323-348.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles