Mengukir Semangat Kemerdekaan Pada Anak-Anak Melalui Lomba HUT RI ke-79 Tahun 2024

Authors

  • La Basri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Chumaedi Sugihandardji Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Bunyamin Muchtasjar Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Djaka Marwasta Universitas Gadjah Mada
  • Bustamin Wahid Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muh. Mawardi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Masni Banggu Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Nurul Nikmatul Ula Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Uswatul Mardliyah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sarina Rumadai Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v2i3.254

Keywords:

HUT RI Ke-79, Lomba Perayaan Kemerdekaan, Semangat Kemerdekaan

Abstract

Nusantara Baru, Indonesia Maju menjadi tema kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Semarak kemerdekaan merupakan momen penting untuk menghargai perjuangan bangsa lewat semangat kemerdekaan di hati para anak-anak melalui lomba HUT RI ke-79 Tahun 2024. Kegiatan PKM ini lewak K2N yang di adakan oleh Universitas Muhammadiyah Sorong berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Muhamamdiyah Purwokerto di Kabupaten Raja Ampat, dengan metode pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi, serta laporan akhir dari kegiatan PKM ini. Keterlibatan anak-anak pada kegiatan lomba HUT RI ke-79 Tahun 2024 mempunya makna serta keunikan tersendiri, di mana anak-anak diajarkan untuk menghargai nilai-nilai kebangsaan sejak dini melalui kegiatan yang diperlombakan, selain itu pendidikan karakter manjadi sarana utama terhadap semangat juang, sportivitas, kerjasama, dan rasa hormat terhadap sesama generasi anak bangsa.

References

Basyir, Faqhie Muhammad, Izhar Tawaqal Caniago, Windira Indah Murizka, and Dra Budi Astuti. 2022. “Menumbuhkan Dan Memupuk Semangat Jiwa Nasionalis Warga Sebagai Upaya Merefleksikan Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Dahliyana, Asep. 2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Esktrakurikuler Di Sekolah.” Jurnal Sosioreligi 15(1): 54–64.

Dewanti, P. A., U. Alhudawi, and H. Hodrani. 2023. “Gotong Royong Dalam Memperkuat Partisipasi Warga Negara (Civic Participation).” Pancasila and Civic Education Journal (PCEJ) 2(1): 15–22.

Hanina, H., Margaretha, E., Nisa, K., & Rambe, A. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak. Comunitaria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 40-45.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V (KBBIOnline), 2022.

Murtatiana, Upi et al. 2023. “Pengaruh Budaya Terhadap Perkembangan Nasionalisme Anak Di Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala Lumpur Malaysia.” Jurnal Keilmuan dan Keislaman: 199–209.

Parawati, Anisa Suci, Bagas Frans Bimantara, and Prasda Alphansa. 2023. “Semarak Peringatan HUT RI Ke-78 Di RW 02 Desa Bandasari.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol. 3 No.: 347–53.

Piran, R, and N Inayati. 2023. “Identitas Indonesia Diantara Seorang Milenial Dan Pendidikan Karakter:-.” Honai: 1–12. https://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/109%0Ahttps://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/download/109/44.

Saputri, P. Y., Prayitno, H. J., Kusumaningtyas, D. A., & Syaadah, H. (2023). Menumbuhkembangkan karakter cinta tanah air melalui lomba kemerdekaan pada siswa Sanggar Bimbingan IKABA IMABA, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 46-55.

Wulansari, Rina Nurwina, Syahriyanu Syahidatul Kamil, and Tharissa Adila. 2023. “Mengoptimalkan Kreativitas Dan Potensi Anak-Anak Dalam Mempersiapkan Hari Kemerdekaan Indonesia Di RW 001 Desa Nanggerang Optimizing Children ’ s Creativity and Potential in Preparing for Indonesian Independence Day in RW 001 , Nanggerang Village.” Proceedings UIN sunan Gunung Djati Bandung.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles