Pelatihan Pembuatan Toko Online Untuk Pengembangan Bisnis Untuk Warga Desa Cengkering Pekan Kabupaten Batubara
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v2i3.256Keywords:
Bisnis, E-Commerce, Peluang Usaha, Teknologi, Toko OnlineAbstract
Untuk mendongkrak perekonomian Desa Cengkering Pekan, Kabupaten Batubara, diperlukan teknologi yang maju dan sesuai perkembangan zaman. Oleh karena itu, pelatihan Toko Online (E-Commerce) pada industri rumah tangga diadakan. Tujuan PKM ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada generasi muda dalam memanfaatkan Toko Online untuk pengembangan bisnis. Materi yang diberikan meliputi aplikasi Toko Online dan cara penggunaannya untuk menciptakan peluang usaha. Pengabdian ini dilaksanakan di Desa Cengkering Pekan, dengan sasaran masyarakat dan generasi muda. Metode yang digunakan adalah presentasi dan pelatihan implementasi Toko Online. Capaian kegiatan ini adalah terlaksananya pembuatan toko online oleh peserta pelatihan, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk menangkap peluang usaha. Hasil akhir pelatihan dengan mendapatkan nilai rata-ratanya 93,5 % dari hasil posttest sehingga peserta pelatihan sudah mampu menyelesaikan materi pelatihan ini dengan baik dan lancar.
References
Faqih, A. S., & Wahyudi, A. D. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus : Matchmaker). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 1–8. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Fathoni, M. Y., Wijayanto, S., & Aldo, D. (2022). Pengenalan E-Commerce Dalam Upaya Pengembangan UMKM Pada Pokdarwis Desa Cikakak. 2(2), 112–118.
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198–209. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2155
Irawan, B., Komputer, F. I., & Unggul, U. E. (2015). PELATIHAN E-COMMERCE DENGAN MEMBUAT TOKO ONLINE.
Irawan, E., Nuryani, H. S., & Salam, A. (2022). Pelatihan Pendampingan Google Bisnisku Dan Sahabat Umkm Bagi Para Pelaku Usaha Umkm Di Desa Sebewe. 1(06), 730–736.
Kadeli, W. Y., Hasanah, M., & Akbar, R. (2023). Analisis Potensi Pertumbuhan Pasar E-commerce di Daerah Pedesaan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 54–63. http://jurnalistiqomah.org/index.php/jemb/article/view/176
Kerinjing, D., Ilir, K. O., Bashir, A., Susetyo, D., Hidayat, A., & Aini, B. T. (2020). Pelatihan E-commerce pada Industri Rumah Tangga di. 1(1), 17–24.
Kurnia, L. D. (2020). Analisis Efisiensi Penerapan Transaksi Non Tunai Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Sekretariat Daerah Kota Metro Provinsi Lampung. DERIVATIF: Jurnal Manajemen, 14(1). https://doi.org/10.24127/jm.v14i1.439
Maghfiroh, F. M., Natalina, S. A., & Efendi, R. (2023). Transformasi Ekonomi Digital: Connection Integration E-Commerce Dan S-Commerce Dalam Upaya Perkembangan Ekonomi Berkelanjutan. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2(1), 01–10. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings
Muslihin, N. J., Muti, A., & Saputra, R. (2023). Perspektif Hukum Islam Terhadap Jual Beli Diamonds Pada Game Onlinne Mobile Legends Via Online. Student Development Informatics Management, 3(2), 415–424.
Mustagfirin, M., & Pratama, Y. (2023). Pelatihan Desain Motif Dan Medsos Untuk Umkm Pot Bunga Desa Tanjunganyar Demak. Palawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13. https://doi.org/10.31942/palawa.v2i1.9063
Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640
Wirausaha, K., Penguatan, D. A. N., Aprilia, H., & Kunci, K. (2022). ISSN : 2746-6507. 3(1), 61–69.
Yoga, V., Ardhana, P., & Mulyodiputro, M. D. (2023). Pelatihan E-Commerce dan Marketplace Bagi Masyarakat Muda Desa Dasan Baru Kediri. 1–6.
Yuninda, N. H., Muslim, S., Setiawan, I., & Jakarta, U. N. (2022). Pelatihan Pembuatan Toko Online Bagi Masyarakat. 2022, 20–27.