Pendampingan Implementasi Sistem Informasi Kepegawaian di Kantor Desa untuk Pengelolaan Data yang Lebih Baik

Authors

  • Suparmadi Suparmadi Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal, Asahan
  • Amalia Amalia Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal, Asahan
  • Jhonson Efendi Hutagalung Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Komputer, Universitas Royal, Kisaran
  • Endra Saputra oke.royal.endra@gmail.com

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v2i3.257

Keywords:

Sistem Informasi Kepegawaian, Efisiensi Pengelolaan Data, Infrastruktur Teknologi, Pelatihan Teknis, Transparansi Administrasi

Abstract

Implementasi sistem informasi kepegawaian di kantor desa dapat menghadapi berbagai permasalahan yakni kurangnya infrastruktur teknologi Penelitian ini menggunakan penelian kualitatif. Tujuan Sistem Informasi Kepegawaian yakni Efisiensi Pengelolaan Data. Mempercepat dan mempermudah pengelolaan data pegawai, Mengurangi risiko kesalahan dalam pencatatan dan pengolahan data. Meningkatkan transparansi dalam proses administrasi kepegawaian. Memungkinkan akses cepat dan mudah terhadap informasi kepegawaian dan Mengoptimalkan waktu dan sumber daya dalam pengelolaan kepegawaian. Implementasi sistem informasi kepegawaian di kantor desa dapat menghadapi berbagai permasalahan yakni kurangnya Infrastruktur Teknologi. Kantor desa mungkin tidak memiliki infrastruktur teknologi yang memadai, seperti komputer, jaringan internet, atau server yang diperlukan untuk menjalankan sistem informasi kepegawaian maka perlunya investasi dalam infrastruktur teknologi dasar dan pelatihan teknis bagi staf desa. Atas hal tersebut perlunya mengajukan dana bantuan dari pemerintah pusat, serta mencari solusi perangkat lunak open-source yang lebih ekonomis dan penyelenggarakan pelatihan dan workshop rutin untuk meningkatkan keterampilan teknologi informasi pegawai.

References

Syaharman. (2021). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. NARASINDO MITRA PERDANA. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan, 4(2), 283–295.

Tambariki, Y., Pontoh, W., & Budiarso, N. S. (2023). ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (SAK EMKM) DAN ASAS KEBERLANJUTAN USAHA PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa (JIPSK), VIII(02), 122–142.

H.A.W.Widjaja. (2010.). Otonomi Daerah Dan Daerah Otonomi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Hidayatullah, Priyanto, dan Jauhari Khairul Kawistara. (2017). Pemrograman WEB. Bandung. Informatika Bandung

Kshirasagar Naik dan Priyadarshi Tripathy. (N.D.). Software Testing and Quality Assurance, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey ISBN 978-0-471-78911-6.

I. D. M. A. B. Joni and I. K. B. Sandika, “Sistem Informasi Manajemen Sebagai Alat Pengelolaan Penelitian Dosen,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, p. 51, 2016, doi: 10.24843/lkjiti.2016.v07.i01.p06

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid II., Ed. 12., Terj. Benjamin Molan, (Jakarta: Prenhallindo).

Keban, Yaremis T. (2008) Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori dan Isu, Jakarta. Gavamedia.

Trott, Paul. (2008). Innovation management and new product development (4th ed). England: Pearson Education.

Tjiptono, F. (2007). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.39

Suyanto, 2005. Metode Penelitian Sosial, Jakarata : Kencana Prenanda Media.

Moleong, Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung

Ghony, M. D. 2012. Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz mediaa

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana . Sugiyono.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles