Pelatihan E-Commerce Bagi Usaha Mikro di Bidang Fashion
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v3i1.318Keywords:
E-Commerce, Usaha Mikro, Fashion, Pelatihan, Teknologi DigitalAbstract
Pelatihan e-commerce bagi usaha mikro di bidang fashion bertujuan untuk meningkatkan kemampuan adaptasi pelaku usaha terhadap perkembangan teknologi digital. Usaha mikro sering kali menghadapi kendala dalam mengakses pasar yang lebih luas dan mengelola bisnis secara efisien, khususnya di sektor fashion yang sangat kompetitif. Program pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang platform e-commerce, pemasaran digital, pengelolaan inventaris, hingga pengambilan gambar produk yang menarik. Dengan menggunakan pendekatan partisipatif, pelatihan ini mendorong peserta untuk langsung mengaplikasikan materi dalam pengelolaan bisnis mereka. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan digital peserta serta kemampuan mereka dalam memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan daya saing dan memperluas jaringan pasar. Studi ini merekomendasikan pelatihan serupa sebagai strategi pemberdayaan usaha mikro di era digital.
References
Jurnal ilmiah Indonesia p -ISSN: 2541-0849
APJII. (2017). Survei Pengguna Internet Indonesia 2017. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Penulis. (Tahun). Judul artikel atau buku. Penerbit atau nama lembaga.
Barkatullah, & Prasetyo, A. (2006). E-commerce: Konsep dan aplikasi dalam dunia bisnis. Penerbit.
Kotler, P. (Tahun). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Penerbit
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-commerce: Business, technology, society (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.
Penulis. (Tahun). Judul buku atau artikel. Penerbit atau nama jurnal.
Schumpeter, J. A. (1942). Capitalism, socialism and democracy. Harper & Row.
youtube media viral official Review Source Code Aplikasi Sistem Informasi UMKM Berbasis Web Gratis