Pelatihan dan Implementasi Website E-Commerce sebagai media pemasaran pada UMKM Toko Macro Distro di Tembilahan

Authors

  • Muhammad Jibril Universitas Islam Indragiri
  • Muhammad Amin Universitas Islam Indragiri
  • Darmawan Universitas Islam Indragiri
  • Eki Pirnanda Universitas Islam Indragiri
  • Putri Ulandari Universitas Islam Indragiri
  • Risma Asriati Universitas Islam Indragiri
  • Vanza Trijoergi Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v1i1.38

Keywords:

Aplikasi, E-commerce, Penjualan

Abstract

Pengembangan bisnis toko Fashion laki laki yaitu Toko Macro Distro di Tembilahan pada tahun 2022 berkembang kurang baik dikarenakan dampak pandemi covid. Dengan kurang berkembangnya penjualan Macro Distro maka dibutuhkan aplikasi berbasis website untuk membantu proses promosi maupun dalam penjualan. Oleh karena itu pada kegiatan pengabdian ini kami akan mengembangkan dan mengimplementasikan apliksi e-commerce pada toko Macro Distro agar Macro Distro semakin berkembang dan lebih dikenal oleh masyarakat sekitar. Dengan membuatkan aplikasi e-commerce ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada toko macro distro.

References

A. Tirtana, A. Zulkarnain, B. K. Kristanto, S. Suhendra, and M. A. Hamzah, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 14, no. 2, p. 101, 2020, doi: 10.32815/jitika.v14i2.473.

P. Hendriyati and A. Yusta, “Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 9, no. 1, pp. 40–48, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stmikgici.ac.id/index.php/jursima/article/view/232.

G. G. aF. Listianto, F. Fauzi, R. Irviani, K. Kasmi, “KONVEKSI SERAGAM DRUMBAND DI PEKON KLATEN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU Program Studi Manajeman , STIE Trisna Negara , OKU Timur,” J. TAM(Technology Accept. Model., vol. 8, no. 2, pp. 146–152, 2017.

Ilyas et al., “Sosialisasi Sistem Informasi E-Commerce Pada Socialization of E-Commerce Information Systems At Iwan Motorcycle Store,” J. Karya Abdi LPPM UNISI, no. 1, pp. 48–61, 2022.

A. D. Putra and A. D. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.145.

R. Rachmatullah, D. Kardha, and M. P. Yudha, “Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia,” Go Infotech J. Ilm. STMIK AUB, vol. 26, no. 1, p. 24, 2020, doi: 10.36309/goi.v26i1.120.

E. Haerulah and S. Ismiyatih, “Aplikasi E-Commerce Penjualan Souvenir Pernikahan Pada Toko ‘ Xyz ,’” J. PROSISKO, vol. 4, no. 1, pp. 43–47, 2017.

A. Pembelajaran et al., “Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh-Oleh Khas Pacitan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 1, pp. 1–5, 2013.

Y. Irawan, “Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping,” J. Ilm. Core IT Community Res. …, no. x, pp. 13–20, 2019, [Online]. Available: http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/95.

M. Hendriawan, T. Budiman, V. Yasin, and A. S. Rini, “Pengembangan Aplikasi E-Commerce Di Pt. Putra Sumber Abadi Menggunakan Flutter,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 5, no. 1, p. 69, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i1.371.

Karim, A., & Ginting, G. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2, 12–16.

Karim, A., & Purba, E. (2022). Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Masyarakat Tanjung Medan. 1(3), 85–88.

A. Karim, M. Bobbi, K. Nasution, and S. Suryadi, “Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat,” vol. 3, no. 2, pp. 115–119, 2022, doi: 10.47065/jrespro.v3i2.2759.

Downloads

Published

2023-02-11

Issue

Section

Articles