Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Dalam Teknik Pemasaran Berwirausaha Untuk Siswa Di SMA Swasta Melati Binjai
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v1i1.39Keywords:
Ecommerce, Pemasaran, Siswa, SMA Swasta Melati BinjaiAbstract
Teknik pemasaran merupakan salah satu kompetensi yang penting bagi para wirausaha, terutama dalam mengelola bisnis di era digital seperti saat ini. Namun, terdapat beberapa siswa di SMA Swasta Melati Binjai yang masih kurang memahami pentingnya pemanfaatan e-commerce dalam teknik pemasaran berwirausaha. Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang e-commerce sebagai sarana pemasaran yang efektif di era digital. Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan keterampilan kepada siswa dalam mengelola bisnis e-commerce secara profesional. Kajian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan pemahaman pentingnya e-commerce dalam teknik pemasaran berwirausaha bagi siswa di SMA Swasta Melati Binjai. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang e-commerce sebagai sarana pemasaran yang efektif di era digital, serta memberikan keterampilan kepada siswa dalam mengelola bisnis e-commerce secara profesional. Rekomendasi yang diberikan adalah penyelenggaraan pelatihan serupa secara berkala, serta dukungan dari pihak sekolah dalam pengembangan bisnis e-commerce siswa.
References
E. Elisa Khairani1, Amru Bin As2, Bambang Surahman3, Ratnawati4, “PENINGKATAN KEMAMPUAN E-COMMERCE SEBAGAI SARANA,” vol. 1, no. 2, pp. 52–58, 2022.
L. J. & K. Y, “A Newcomer” versus ‘First Mover’: Retail Location Strategy for Differentiation,” Prof. Geogr., vol. 2, no. 1, pp. 73–79, 2018.
S. Apenko, “Human Resource Management of Innovative Projects in the Context of Business Strategy,” Strateg. Manag., vol. 22, no. 1, pp. 3–6, 2017.
M. Medah, “E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 4, no. 1, pp. 74–81, 2014, doi: 10.35968/jsi.v4i1.81.
E. Sudarso, M. Jazuli, B. Prabowo, R. Setiawan, and W. Ratnawati, “Pelatihan Pemahaman Pentingnya E-Commerce Dalam Teknik Pemasaran Berwirausaha,” J. Abdimas Tri Dharma Manaj., vol. 2, no. 1, p. 90, 2021, doi: 10.32493/abmas.v2i1.p90-95.y2021.
Y. Tristiarto and W. Wahyudi, “PKM Kelompok Umkm E-Commerce Di Kelurahan Benda Baru-Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan,” Semin. Nas., 2018, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/view/119%0Ahttps://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/download/119/118.
Karim, A., & Ginting, G. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2, 12–16.
Karim, A., & Purba, E. (2022). Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Masyarakat Tanjung Medan. 1(3), 85–88.
A. Karim, M. Bobbi, K. Nasution, and S. Suryadi, “Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat,” vol. 3, no. 2, pp. 115–119, 2022, doi: 10.47065/jrespro.v3i2.2759.