Peningkatan Produktivitas Usaha Tanaman Hias Di Kota Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v1i1.40Keywords:
Covid-19, Gaya Hidup, Produktivitas, Persaingan, Tanaman hiasAbstract
Tanaman hias merupakan tumbuhan yang biasa ditanam orang sebagai hiasan.. Plantamory merupakan usaha dagang tanaman hias yang berlokasi di Jl. Narakusuma No. 5F. Denpasar, Bali. Tanaman hias yang dijual di tempat ini adalah kaktus, succulent, lucky bamboo, monstera, kokedama, dan hydroponic. Dimana tanaman hias ini dikemas menggunakan pot keramik dengan berbagai pilihan warna dan bentuk yang menarik. Permasalahan dalam berbisnis tanaman hias khususnya pada masa pandemi COVID-19 ini tingginya persaingan antar sesama pengusaha tanaman hias, karena di masa pandemi ini menjadi tren dikalangan masyarakat sebagai hobi baru untuk menghabiskan waktu luang di tengah pandemic. Tingginya permintaan terhadap tanaman hias menyebabkan meningkatnya produktivitas dari pelaku tanaman hias. Kenaikan ini dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat yang kini lebih sering berada di rumah, sehingga mempunyai banyak waktu luang untuk menata tanaman di halaman rumah. Permasalahan lain yang dihadapi oleh pengusaha tanaman hias adalah sulitnya perawatan yang diperlukan tanaman hias.
References
Bhegawati, D. A. S., Suryandari, N. N. A., & Novarini, N. N. A. (2020). Peranan Ibu Rumah Tangga Nelayan di Desa Kusamba dalam Pengelolaan Keuangan dari Usaha Hasil Perikanan untuk Meningkatkan Eonomi Keluarga Dimasa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020.
Bhegawati, D. A. S., Sukarnasih, D. M., & Pramita, D. A. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Dalam Pelayanan Jasa Pada Usaha Prayatna Laundry “Administrasi Keuangan”. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 3539-3544.
Bhegawati, D. A. S., & Krisnayanti, N. L. (2022). Meningkatkan Pengawasan Terhadap Kredit Macet Serta Pemasaran Produk Koperasi Simpan Pinjam Bhuwana Sardula Di Tengah Pandemi Covid-19.
Ilyas, M., Anas, A., & Islamiah, R. Y. (2020). Pengembangan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa dan Alumni. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-12.
Kristanti, B. A. (2021). Analisis Peningkatan Pendapatan Usaha Pertanian Tanaman Hias Pada Era Pandemi Covid-19. JURNAL EKUIVALENSI, 7(2), 414-428.
Ningsih, N. L. A. R., Suryandari, N. N. A., & Bhegawati, D. A. S. (2021, December). Penerapan Teknologi Terkini Pada Umkm VCO Balini Dalam Penanggulangan Dampak Ekonomi Akibat Covid-19 Di Desa Kubu Bangli. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 (pp. 409-414).
Partini, P., & Nuraini, N. (2018). Analisis Usaha Tanaman Hias di Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri HiliR (Studi Kasus Kembang Lestari Garden). Jurnal Agribisnis, 7(1), 46-57.
Supiani, S., & Sinaini, L. (2020). ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANAMAN HIAS (Studi Kasus UD. Rahma Nurseri di Desa Bangunsari Kabupaten Muna). Paradigma Agribisnis, 3(1), 1-6.
Tiballa, R. (2017). Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Swarga Bara Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Universitas Mulawarman. https://ejournal. ip. fisip-unmul. ac. id/site.
Wati, N. N. M. A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Tarif Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kota Tabanan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(3), 349-358.
Karim, A., & Ginting, G. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2, 12–16.
Karim, A., & Purba, E. (2022). Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Masyarakat Tanjung Medan. 1(3), 85–88.
A. Karim, M. Bobbi, K. Nasution, and S. Suryadi, “Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat,” vol. 3, no. 2, pp. 115–119, 2022, doi: 10.47065/jrespro.v3i2.2759.