Pengembangan Modul Inkuiri Digital Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Visualisasi Ekonomi SMA

Authors

  • M. Aufin Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan
  • Putri Wahyuningtyas Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.56854/jeqn.v2i2.210

Keywords:

Modul Pembelajaran, Inkuiri, Model Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas modul pembelajaran digital berbasis model inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan produksi model visual digital pada mata pelajaran Ekonomi tingkat SMA. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XI dan 5 guru ekonomi dari tiga SMA di [sebutkan lokasi]. Modul dikembangkan menggunakan platform Moodle dan diintegrasikan dengan alat pembuatan visual digital. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor berpikir kritis siswa (rata-rata peningkatan 27,5%) dan kualitas model visual yang dihasilkan (peningkatan 35% berdasarkan rubrik penilaian). Tantangan implementasi termasuk keterbatasan akses internet dan variasi kemampuan digital, yang diatasi melalui pengembangan versi offline dan pelatihan keterampilan digital. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran ekonomi yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan era digital.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles