Analisis Strategi Pemasaran Bus Pariwisata PO. Pandawa 87 Pasuruan Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis

Authors

  • Sugeng Pradikto Pendidikan Ekonomi, Falkutas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Achita Arum Bunga Pendidikan Ekonomi, Falkutas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Nunuk Indarti Pendidikan Ekonomi, Falkutas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.56854/jeqn.v1i1.25

Keywords:

Marketing Strategy, Competitors, Marketing Mix

Abstract

Berdiri Sejak tahun 2014, salah satu Perusahaan Otobus yang ada dikota Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui strategi pemasaran yang digunakan Perusahaan Otobus Pandawa87 Pasuruan dalam menghadapi persaingan bisnis. Melaksanakan strategi pemasaran jasa, perusahaan otobus Pandawa87 Pasuruan harus memperhatikan aspek usaha salah satu contoh pelaksanaan strategi pemasaran dan Marketing Mix ( Product, price, place, promotion, people, proces, dan Physical Evidance ) merupakan salah satu strategi yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas produk dan layanan jasa dalam mendorong kemampuan bersaing sehingga mencapai keunggulan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Diperoleh hasil penelitian bahwa  Strategi Pemasaran dan Marketing Mix ( Product, price, place, promotion, people, proces, dan Physical Evidance ) belum sepenuhnya dapat diterapkan dengan baik. Kekurangan terdapat pada kurangnya Promosi yang seharusnya sangat membantu dalam persaingan bus pariwisata. Apabila ditinjau dari indikator persaingan yang menjadi nilai tambah adanya produk, tarif sewa, dan pelayanan jasa yang baik dikarenakan Perusahaan Pandawa87 Pasuruan adalah Perusahaan layanan jasa.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles