Analisis Pengaruh Kulitas Pelayanan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Nunuk Indarti Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Brian Batini Reformasi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Nurus Sobakh Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.56854/jeqn.v1i1.26

Keywords:

kualitas pelayanan, promosi, harga dan kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan harga terhadap kepuasan konsumen rumah bolen kota pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kepuasan Konsumen (Y) merupakan variabel terikat, sedangkan pengaruh kualitas pelayanan (X1), promosi (X2), dan harga (Y), merupakan variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli/konsumen yang melakukan pembelian di Rumah Bolen Kota Pasuruan, selama jangka waktu 3 bulan sejak bulan Maret 2022 Hingga Mei 2022 yang jumlahnya 2.774 Konsumen.Berdasarkan rumus Slovin Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Dari hasil uji t dalam Unstandardized Coefficients yaitu menunjukkan nilai variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 0.487 atau 48,7%, variabel Promosi 0.346 atau 34,6% (X2) dan variabel Harga (X3) 0.215 atau 21,5%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel yang dominan terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah kualitas pelayanan (X1) sebesar 48,7%. Pada uji F terlihat bahwa kualitas pelayanan, promosi, dan harga berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap kepuasan konsumen sebesar Fhitung 354,258 lebih besar dari Ftabel 2,52 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Pada analisis koefisien determinasi (R Square) terlihat bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan harga terhadap kepuasan konsumen rumah bolen kota pasuruan adalah 91,8%. Sedangkan selebihnya yaitu sebesar 8,2% dapat dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles