Pengaruh Penggunaan E-Money, Fitur Live Streaming, dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pembelanjaan Online
DOI:
https://doi.org/10.56854/jeqn.v1i1.27Keywords:
E-Money, Fitur Live Streaming, Literasi Digital, Perilaku KonsumtifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-money, fitur live streaming dan literasi digital terhadap perilaku konsumtif . penelitian ini berawal dari banyaknya orang yang melakukan belanja online melalui fitur live streaming dan melakukan pembayaran melalui e-money. Serta di dukung dengan kemampuan literasi digital seseorang yang mendorong dalam melakukan pembelanjaan online dan cenderung mebuat orang berperilaku konsumtif. Desain penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif atau hubungan, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam menentukan jumlah sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin (Sugiono,2011) dan diperoleh sampel sebanyak 70 karena jenis sampel dalam penelitian ini berstrata atau sampel bertingkat maka cara pengambilan sampelnya dalam setiap angkatan menggunakan rumus alokasi proportional (Sugiyono, 2018: 82). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket atau kuesioner dan hasilnya di analisis menggunakan analisis linear berganda dan spss 25. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial ketiga variabel independen terhadap perilaku konsumtif (variabel dependen), diketahui variabel e-money mempunyai nilai signifikan (sig) 0,043 < 0,05, variabel fitur live streaming mempunyai nilai signifikan (sig) 0,001 < 0,05, dan variabel literasi digital mempunyai nilai signifikan (sig) 0,000 < 0,05. Secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai F hitung sebesar 23,008 > F tabel 2,74 dan nilai signifikan (sig) 0,000 < 0,05. Dan nilai R square sebesar 0,511 yang berarti e-money, fitur live streaming dan literasi digital berpengaruh 51,1% terhadap perilaku konsumtif, sedangkan sisanya (100% - 51,1% = 48,9%) dijelaskan oleh sebab yang lain.




