Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Pada Unit Geometri Pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 2 Percut Sei Tuan

Authors

  • Yuhefri Effendi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pelita Bangsa Binjai, Binjai, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56854/jipm.v1i1.92

Keywords:

Model Pembelajaran, Matematika, Pendekatan realistik, Geometri, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dan pengajaran matematika dengan pendekatan realistik. Tujuan spesifik penelitian ini adalah untuk merancang model pembelajaran, mengevaluasi efektivitas pembelajaran matematika, dan menyelidiki hasil belajar siswa dalam mempelajari geometri menggunakan pendekatan realistik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaborasi. Topik yang dipilih adalah Dalil Pythagoras. Strategi pembelajaran koperatif dalam kelompok kecil digunakan dengan menggunakan Lembaran Kerja Siswa. Penelitian ini melibatkan satu kelas dengan 53 siswa, yang mayoritas memiliki kemampuan matematika rendah dan gaya belajar kognitif field-dependence. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis untuk menghasilkan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada unit geometri di kelas II SLTP adalah pembelajaran masalah secara koperatif dengan pengelompokan siswa yang heterogen dan terstruktur berdasarkan field-dependence, kemampuan, dan jender. Proses pembelajaran melibatkan langkah-langkah seperti membentuk kelompok diskusi, menyajikan masalah dalam LKS, memfasilitasi diskusi kelompok, membandingkan hasil kerja kelompok, dan membahas hasil kerja kelompok. Hasil belajar siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada unit geometri di kelas II SLTP terbukti efektif, dengan tingkat kelulusan secara klasikal mencapai 93,34% dan skor rata-rata sebesar 7,21. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran yang dilakukan sebesar 92,45%.

 

Downloads

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles