Mendorong Keterlibatan Guru Melalui Metode Pembelajaran Inovatif Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v3i2.319Keywords:
PKM, Pembelajaran, InovatifAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMP Dwiguna bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan guru dan siswa melalui penerapan metode pembelajaran inovatif. Dalam program ini, kami melaksanakan pelatihan bagi guru dan workshop interaktif untuk siswa, yang dirancang untuk mengintegrasikan teknik pembelajaran aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan: kepercayaan diri guru dalam menggunakan metode baru meningkat dari 66% menjadi 88%, sementara keterlibatan siswa dalam kelas melonjak dari 65% menjadi 95%. Selain itu, nilai rata-rata akademik siswa mengalami peningkatan dari 72 menjadi 88, dengan 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Umpan balik positif dari guru dan siswa menegaskan bahwa pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif tidak hanya membuat proses belajar lebih menyenangkan, tetapi juga lebih efektif. Program ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi SMP Dwiguna, tetapi juga menawarkan model yang dapat diadopsi oleh sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, PKM ini menegaskan pentingnya inovasi dalam pendidikan sebagai kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan produktif
References
U. Azizah, S. Suyono, and B. Yonata, “Peningkatan Kompetensi Guru Kimia Melalui Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif Di Banyuwangi,” Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 91–95, 2017.
F. Hiasa and E. Agustina, “Pelatihan model-model pembelajaran inovatif untuk guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Bengkulu,” Jurnal Anugerah, vol. 2, no. 1, pp. 19–26, 2020.
A. R. M. Ilmi, A. Junaidi, T. Yusnanto, E. B. Kase, M. Safar, and M. N. Sari, “Belajar di Era Digital: Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 782–789, 2024.
I. Kamaruddin, M. N. Sari, A. Abdurrahman, I. Istiqomah, H. Herman, and N. Andriani, “Evaluasi Kinerja Guru: Model dan Metode dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Journal on Education, vol. 6, no. 2, pp. 11349–11358, 2024.
Kemendikbud, Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 2016.
Kemendikbud, Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah, vol. 1, pp. 65–70, 2018.
M. Zuhri, “Model-model Pembelajaran STEM.” [Online]. Available: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/model-modelpembelajaran-stem.html. [Accessed: Nov. 24, 2019].
J. W. Sitopu, D. H. Pitra, M. U. Muhammadiah, A. S. Nurmiati, I. R. Purba, and M. N. Sari, “Peningkatan Kualitas Guru: Pelatihan dan Pengembangan Profesional dalam Pendidikan,” DSpace Repository. [Online]. Available: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9943. [Accessed: 2023].
S. Sumaryati, “Peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan model-model pembelajaran inovatif,” INOTEKS: Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni, vol. 17, no. 2, 2013.
R. E. Slavin, Educational Psychology: Theory and Practice, Pearson, 2018.
N. Ahmad, S. Noni, and A. Sapari, “Strategi Pembelajaran STEAM dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Abad 21,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 15–23, 2023.
S. Sari and R. Ningsih, “Inovasi Pembelajaran dan Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, vol. 8, no. 3, pp. 210–219, 2023.
S. Freeman et al., “Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics,” Proceedings of the National Academy of Sciences, vol. 111, no. 23, pp. 8410–8415, 2014.
T. R. Guskey, “Professional development and teacher change,” Teachers and Teaching: Theory and Practice, vol. 8, no. 3, pp. 381–391, 2002.
R. E. Slavin, Educational Psychology: Theory and Practice, Pearson, 2018.