Pelatihan E-Commerce Untuk Komunitas Pengrajin
DOI:
https://doi.org/10.56854/jphb.v3i2.361Keywords:
E-Commerce, Pelatihan Digital, Pengrajin, Teknologi Informasi, Pemasaran OnlineAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi di era digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai sektor, termasuk ekonomi dan perdagangan. Salah satu dampak utamanya adalah munculnya e-commerce, yang telah mengubah cara berbisnis dan bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan e-commerce bagi komunitas pengrajin di Indonesia, dengan fokus pada perubahan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka terhadap pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis kerajinan tangan.Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan penting. Pertama, pelatihan e-commerce terbukti mampu meningkatkan pemahaman pengrajin mengenai konsep dan praktik penggunaan platform digital, mulai dari pembuatan akun hingga strategi pemasaran online. Kedua, keterampilan teknis pengrajin meningkat secara signifikan, ditandai dengan kemampuan mereka mengelola toko online secara mandiri dan memaksimalkan fitur e-commerce. Ketiga, pelatihan ini juga berdampak positif pada kepercayaan diri pengrajin, yang sebelumnya ragu menggunakan teknologi, namun kini lebih siap memasarkan produk secara digital.
References
J. E. Hutagalung, J. Hutahaean, and A. B. Sibiuea, “Pelatihan Peluang Bisnis Aneka Kerajinan Tangan Berbasis Ecommerce Pada Panti KaryaHepata HKBP Laguboti,” J. Pengabdi. Masy. Mitra Kreasi Cendekia, vol. 1, no. 1, pp. 15–19, 2023.
S. E. Astar, “Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM,” J. Teknol. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 229–238, 2021, doi: 10.37087/jtb.v3i2.93.
D. A. N. Promosi and M. Media, “PELATIHAN PENGGUNAAN E-COMMERCE Training on the Use of E-Commerce and Promotion Using,” vol. 5, no. 1, pp. 167–174, 2023.
P. Nurhayati, Ambariyani, A. Muslimin, I. Aziz Q, M. Diki Maulana, and V. Ismail, “Pendampingan Strategi Digital Marketing Menggunakan E-Commerce Shopee pada Komunitas PAC Fatayat NU Batanghari Lampung Timur,” I-Com Indones. Community J., vol. 2, no. 2, pp. 185–194, 2022, doi: 10.33379/icom.v2i2.1395.
J. Hutahaean, N. Mulyani, and Z. Azhar, “Pelatihan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan Melalui Kokedama (Pelatihan Daring) Bagi Kumpulan Marga Rajagukguk Se-Kisaran Kabupaten Asahan,” JPM J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 41–45, 2020.
N. R. Ismail and A. R. Wardhani, “Transfer Pengetahuan Melalui Pelatihan E-Commerce Dalam Pemberdayaan UKM Dewi-Dewi Di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang,” Reson. J. Ilm. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 22–29, 2020, doi: 10.35906/resona.v4i1.401.
A. Rozak, M. Minhajuddin, K. N. Bahri, and T. F. Amalia, “Pendampingan Pemasaran Produk Ekspor Melalui Aplikasi E-Commerce Pada Sentra Kaos Sablon Bandung,” Madaniya, vol. 4, no. 4, pp. 1787–1794, 2023.
J. Andriani, R. Hanny, C. D. Manik, R. B. Mangasa Tua, and A. Amirudin, “Pelatihan Manajemen Usaha Aspek Pemasaran Melalui E-Commerce Pada Anggota UMKM Catering Tangerang Selatan (UCTS),” SINAR SANG SURYA J. Pus. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, p. 199, 2022, doi: 10.24127/sss.v6i1.1890.
N. Nasution, F. B. Nasution, and M. A. Hasan, “Pelatihan Marketing Online dan Workshop E-Commerce untuk Meningkatan Pemasaran pada Kelompok Pengrajin Rotan Kota Pekanbaru,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 6, pp. 1591–1601, 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i6.7413.
F. Ekonomika and U. Stikubank, “PELATIHAN E-COMMERCE,” vol. 6, no. 1, pp. 12–20, 2022.
E. Nursanty, D. Darmawan, and I. W. A. Widiantara, “Pelatihan E-commerce dan Pemulihan Ekonomi Nasional : Pengembangan Industri Kreatif Produk Unggulan Kota Tasikmalaya,” vol. 2, no. 1, pp. 57–62, 2022.
O. N. Kristanti, L. P. Sari, A. A. Saputra, B. Pratama, M. S. A. Pradana, and I. Teknologi, “Pemanfaatan E-Commerce pada UMKM Batik Cemangklek Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal,” pp. 54–60, 2023.
J. Hutahaean, N. Mulyani, Z. Azhar, A. Salsabila, and D. Ananda, “PERANAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat . Dengan adanya suatu fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan laptop / notebook,” vol. 8, no. 1, pp. 1–2, 2024.
N. Mei, R. A. R. F. Indriani, M. Marsinah, D. Hanadya, N. U. Auliana, and M. B. Purwanto, “Cakrawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global Perjalanan Songket : Transformasi Menghidupkan UMKM di Kota Palembang Songket Journey : Transformation to Bring MSMEs to Life in Palembang City Politeknik Prasetiya Mandiri , Bogor , Indonesia PENDAHULUAN So,” vol. 3, no. 2, 2024.
M. Saputra, K. Fadila, and J. Triloka, “Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Komunitas Dif_able melalui Pelatihan Kerajinan Sulam Maduaro Khas Lampung,” VIVABIO J. Pengabdi. Multidisiplin, vol. 4, no. 2, pp. 55–62, 2022.
R. Asra and S. Syuhada, “Program inovasi produk dan penjualan e-commerce bagi pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) batik,” vol. 7, no. 204, pp. 43–53, 2024, doi: 10.33474/jipemas.v7i1.21038.
L. Y. Widyastuti, H. Maulana, E. Erik, K. A. Izzah, and Y. C. Azzahra, “Perluasan potensi pasar produk lokal dengan e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” J. Pembelajaran Pemberdaya. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 376–389, 2023, doi: 10.33474/jp2m.v4i2.20279.
P. Suryani, Y. Prasetiyo, N. Nugraheni, A. Firman, A. Sriati Rachman, and M. Wahyu, “Peningkatan Pemasaran dan Packaging Telur Asin Pedas melalui E-Commerce di Pontang, Kabupaten Serang,” Soc. J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 200–207, 2024, doi: 10.37802/society.v4i2.576.
M. H. Barri, A. Rizal, W. A. Cahyadi, I. Hidayat, B. A. Pramudita, and N. Prihatiningrum, “Pelatihan E-Commerce Bagi Warung Sedekah (Warkah) Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Rumah Tangga,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, p. 83, 2021, doi: 10.28989/kacanegara.v4i1.821.