Pelatihan E-Commerce Untuk Pengusaha Kecil dan Menengah

Authors

  • Yessica Siagian Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Royal, Kisaran
  • Santoso Santoso Fakultas Ekonomi dan Hukum, Program Studi Manajemen, Program Studi Manajemen, Universitas Royal, Kisaran
  • Tengku Mohd Diansyah Fakultas Teknik dan Komputer, Program Studi Teknik Informatika, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v3i2.362

Keywords:

Usaha Mikro, Kecil, Menengah, E-Commerce

Abstract

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia mempunyai peran dan potensi yang besar dalam membangun perekonomian nasional maupun sektoral. Namun Jenis Usaha mikro kecil menegah masih kurang di kenal oleh masyarakat luas; sehingga berdampak pada pemasaran produk yang mereka hasilkan. Keterbatasan tersebut merupakan permasalahan yang penting bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM tentang pemasaran, promosi dan pengenalan produk kepada masyarakat melalui media Internet, dengan tujuan membantu para pelaku UMKM di kota Sintang agar lebih memahami E-Commerce. Yang menjadi sasaran program pengabdian masyarakat ini adalah pelaku UMKM di kota Kisaran. Kegiatan Pelatihan dan penyuluhan ini memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di kota Kisaran. Peserta penyuluhan memahami apa itu E- Commerce yaitu proses pembelian, penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan melibatkan transfer dana elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis yang memanfaatkan jaringan internet komputer. Selain itu para peserta juga mendapatkan pelatihan cara membuat website produk, memberikan pelatihan cara bergabung di Marketplace yang sudah tersedia dan mendesain tampilan produk yang akan dipasarkan

References

M. Sifa and D. Ramadhani, “Pelatihan E-commerce anak muda melek digital marketing di Desa Tinggar, Kabupaten Jombang,” Ekon. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 2774–6755, 2021.

A. Bashir, D. Susetyo, A. Hidayat, H. Hamira, and B. T. Aini, “Pelatihan E-commerce pada Industri Rumah Tangga di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir,” Sricommerce J. Sriwij. Community Serv., vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2020, doi: 10.29259/jscs.v1i1.6.

F. Leplingard et al., “FWM-Assisted Raman Laser for Second-Order Raman Pumping,” Optics InfoBase Conference Papers. pp. 431–432, 2003.

D. A. Navastara et al., “Pemanfaatan E-commerce dan Media Sosial Guna Meningkatkan Ekonomi dan Proses Bisnis UMKM Koppontren NURILA Bangkalan,” Sewagati, vol. 6, no. 4, pp. 1–12, 2022, doi: 10.12962/j26139960.v6i4.135.

S. Rahayu, P. G. Diatmika, and I. Fitriani, “Pelatihan dan sosialisasi pemanfaatan e-commerce dalam meningkatkan strategi pemasaran umkm di kabupaten sumbawa,” J. Pengemb. …, no. 2003, pp. 226–230, 2021, [Online]. Available: http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/jpml/article/view/459/409

Farida Nurfalah and Rifka Noviani Santika, “Pelatihan Komunikasi Pemasaran E-Commerce Melalui Aplikasi Layanan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika Kota Cirebon,” Abdimas Awang Long, vol. 6, no. 1, pp. 14–20, 2023, doi: 10.56301/awal.v6i1.661.

M. Aqil et al., “Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah ( Umkm ) Berbasis Ekonomi,” no. 1, 2021.

N. N. Qisthani, A. Darmawan, E. Fauziah, and S. Hidayatuloh, “Pelatihan Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah (IKM) Kerajinan Kemuning Di Tegal Jawa Tengah,” IJCOSIN Indones. J. Community Serv. Innov., vol. 1, no. 1, pp. 27–32, 2021, doi: 10.20895/ijcosin.v1i1.271.

B. Abdulah, N. Ruseno, D. P. Y. Y. A. L. Sandopart, I. Santoso, U. Andrianto, and F. Suryaningsih, “Pelatihan Implementasi Pemasaran Melalui E-commerce Pada UMKM Toto Kompos,” J. Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 59–67, 2024, doi: 10.61231/jp2m.v2i1.205.

A. Nugraha, A. Rahmi Rahmadania, and M. Putri Duari, “Pengembangan Usaha Industri Rumah tangga Opak Singkong melalui E-Commerce Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Opak Singkong Melalui E-Commerce,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 3, no. 2, pp. 883–888, 2022.

M. D. Firmansyah, S. Kom, S. Kom, and M. Kom, “Analisa dan Perancangan Web E- Commerce Berbasis Website pada Toko Ida Shoes,” J. Inf. Syst. Technol., vol. 02, no. 03, pp. 62–76, 2021.

“932-Article Text-1676-1-10-20220630-1.pdf.”

D. Y. Prasetyo, F. Yunita, A. Bindas, A. Abdullah, and S. Samsudin, “Pelatihan Dan Pembuatan Website E-Commerce Pada Umkm Mudokufood Tembilahan,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 626–637, 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i2.4393.

T. Suminar, T. J. Raharjo, Y. Siswanto, A. Aslikhah, and L. M. Watianur, “Pelatihan Kewirausahaan Home Industry Ramah Lingkungan pada Wisata Kampung Jawi Kota Semarang,” J. Pendidik. Masy. dan Pengabdi., vol. 03, no. 2, pp. 283–290, 2023.

Mesra, S. Wahyuni, M. M. Sari, and D. N. Pane, “E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Industri Rumah Tangga di Desa Klambir Lima Kebun,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 115–120, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.52436/1.jpmi.26

Y. Wibowo, Marwansyah, Frilla Degustia, and Indriaty, “Pelatihan E-Commerce Pada Umkm Tekat Tiga Dara,” J. Pengabdi. Ibnu Sina, vol. 2, no. 1, pp. 77–83, 2023, doi: 10.36352/j-pis.v2i1.504.

G. Anisah, “Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro,” Mafaza J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.32665/mafaza.v1i1.256.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles