Pelatihan Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Dan Hasil Test Toefl Pada Mahasiswa Apoteker

Authors

  • Sujarwo Universitas Megarezky
  • Yuriatson Jubhari Politeknik Sandi Karsa
  • Luana Sasabone UKI Paulus Makassar
  • Kaharto Politeknik Maritim AMI Makassar
  • Budiarti Putri Uleng Universitas Andi Djemma, Palopo

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v1i1.42

Keywords:

PKM, Pelatihan, Peningkatan, TOEFL, Soft Skill

Abstract

Di era globalisasi ini Bahasa Inggris memiliki peranan yang sangat penting mulai anak-anak sampai dewasa/orang tua. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan test yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Test ini ditujukan bagi orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Umumnya, test ini digunakan sebagai salah satu prasyarat bagi seseorang yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di suatu negara yang menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikas sehari-hari. Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk: Persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta. Syarat penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S2 dan S3 dan Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta. Tujuan PKM ini adalah Pelatihan TOEFL Sebagai Pengembangan Soft Skill mahasiswa APOTEKER. Pengenalan dan cara menjawab tes TOEFL sangat diperlukan oleh mahasiswa tingkat akhir di sebuah universitas agar mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan bisa mendepatkan pekerjaan yang layak. Hasil kegiatan PKM berupa bahwa bahwa mahasiswa APOTEKER menyelesaikan tes TOEFL dengan baik, artinya, mereka memiliki soft skill yang baik pula. Soft skill merupakan keterampilan untuk mengindetifikasi, menganalisa dan memecahkan masalah dengan kreatif dan berfikir logis sehingga mereka dapat mengambil keputusan dengan baik. Sebagai kesimpulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa tingkat akhir APOTEKER

References

Apgrianto, K., Syahrial, E., Fitriana, E., & Saputra, A. (2022). Pembekalan Cakupan Materi Dan Strategi Dalam Menghadapi Tes Toefl Bagi Mahasiswa Se-Kota Mataram. Jurnal Pepadu, 3(3), 435-443.

As' Ari, C., Iswadi, I., & Nurmina, N. (2020). Pelatihan Test Of English As A Foreign Language (Toefl) Bagi Pencari Kerja Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 34-37.

Asrida, Risa dan Fitrawati. 2019. The Difficulties of English Department Students at Universitas Negeri Padang in Answering Reading Section of TOEFL. Journal of English Language Teaching. Volume 4 No. 1

Cameron, L. (2001).Teaching Languages to Young Learners. UK: CUP

Damayanti, L., Isram, M., & Hartarto, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa/Siswi SMKN 4 Balikpapan melalui TOEFL Preparation Class. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi, 3(1), 7-10.

Echols, John dan Hasan Shadily. 2003. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaltsum, Honest Ummi, dkk. 2015. “Efektivitas Mata Kuliah Bahasa Inggris di PGSD Terhadap Keyakinan Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Mengajar.

Phillips, Deborah, Longman Introductory Course for the TOEFL Test: Preparation for The Computer and Paper Tests. USA: 2011.

Purnaning, Estiwi Retno, Alvina Kusuma, Nurul Hudha dan Anggia Eka, Big Book TOEFL. Jakarta: Cmedia, 2014.

Sharpe, P.J. 2010. How to Prepare for the Toefl, 11TH Edition, Barron’s Educational Series, Inc.

Sirajuddin, S., & Yahrif, M. (2021). Pelatihan Listening Untuk TOEFL Test Bagi Mahasiswa Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. MEGA PENA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67-75.

Sujarwo, S., & Akhiruddin, A. (2020). Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 55-65.

Sukmawati, S., & Syamsuriyati, S. (2020). Conversational Pocket Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Bagi Perawat Dan Bidan Di Puskeskmas Cendrawasih. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 44-54.

Syakur, Abd, Esti Junining, Yulianto Sabat. 2020. The Implementation of Project Based Learning (PBL) Model Towards the Result Students’ TOEFL in 7th semester of Brawijaya University. Journal of Development Research, 4 (1), May 2020, Page 41- 46

Karim, A., & Ginting, G. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2, 12–16.

Karim, A., & Purba, E. (2022). Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Masyarakat Tanjung Medan. 1(3), 85–88.

A. Karim, M. Bobbi, K. Nasution, and S. Suryadi, “Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat,” vol. 3, no. 2, pp. 115–119, 2022, doi: 10.47065/jrespro.v3i2.2759.

Yogatama, A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Prediction Test-TOEFL Like Section Structure dan Reading Bagi Siswa SMA Kesatrian 2 Semarang. TEMATIK, 4(1).

Downloads

Published

2023-02-10

Issue

Section

Articles