Penyuluhan Pelayanan Prima (Service Execelent) Bagi Pegawai Desa Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Dewi Budhiartini Prodi Manajemen, Fak. Bisnis, Universitas Amir Hamzah
  • T. Enita Rosmika Prodi Manajemen, Fak. Bisnis, Universitas Amir Hamzah
  • Anwar Anwar Prodi Manajemen, Fak. Bisnis, Universitas Amir Hamzah,
  • Renny Lubis Prodi Manajemen, Fak. Bisnis, Universitas Amir Hamzah

DOI:

https://doi.org/10.56854/jphb.v1i1.47

Keywords:

Pelayanan Prima (Service Excelent), Kepuasan

Abstract

Secara umum, pelayanan dapat berbentuk barang yang nyata (tangible), barang tidak nyata (intangible), dan juga dapat berupa jasa. ruang lingkup pelayan publik berdasarkan pada Pelayanan administratif berupa surat-surat, Pelayanan barang berupa barang dan Pelayanan jasa berupa tindakan atau kegiatan dalam pelayanan. Berbagai jenis pengelolaan pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintah, umumnya akan timbul beberapa persoalan dalam hal penyediaan pelayanan publik. Pelayanan publik adalah pemberian pelayanan (melayani) yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan dan keperluan penerima pelayanan atau masyarakat maupun pelaksana ketentuan peraturan perundang-undangan yang mempunyai kepentingan pada organisasi tersebut sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah di tetapkan. Baik buruknya kualitas pelayanan prima yang diberikan oleh berbagai instansi pemerintah sebagai penyelenggara layanan public menyebabkan ketidak puasan dalam masyarakat. Tujuan penyuluhan ini agar para pelaksana pemerintah dalam hal ini pegawai dapat melakukan pelayanan sesuai standar agar dapat memberikan kepuasan kepada masyarakatagar kualitas pelayanan publik yang tercermin dari: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan hak, dan Keseimbangan hak dan kewajiban. Partisipatif masyarakat dari bagian pelayanan publik

References

Dedy Mulyadi dkk (2016), Adminisrasi Publik untuk Pelayanan Publik Cetakan ke 1, CV. Alfabeta, Bandung,

Mahmudi (2015), Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi Ket 3, Cetakan Pertama, Sekolah Tinggi Ilmu Manjemen (YKPN), Yogyakarta,

Sinambela (2010), Reformasi Pelayanan Publik;Teori,Kebijakan dan. Implementasi, cetakan kelima, PT. Bumi Aksara, Jakarta, ----------, (2006), Reformasi Pelayanan Publik, PT.Bumi Aksara, Jakarta,

Suharto (2005), Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Refika Aditama, Bandung,

Downloads

Published

2023-02-19

Issue

Section

Articles