Studi Tentang Efektifitas Pembelajaran Adaptif Berbasis Teknologi di Pendidikan Dasar

Authors

  • Wan Arfan Syahputra Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zulia Hanum Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.220

Keywords:

Pembelajaran Adaptif, Teknologi, Pendidikan Dasar

Abstract

Media pembelajaran adaptif pada intinya adalah perubahan alat atau media yang bertujuan untuk memberi peluang kepada siswa di sekolah dasar untuk mengikuti program pembelajaran dengan tepat, efektif, dan dengan kepuasan. Prinsip utama perubahan media pembelajaran adalah menyesuaikan aktivitas dengan kapasitas sekolah dasar untuk melakukan aktivitas tersebut. Dalam waktu yang sangat singkat, sistem pembelajaran adaptif dapat menyediakan materi pembelajaran atau konten yang dapat disesuaikan dengan situasi setiap siswa dari berbagai sumber. Ini mencakup animasi, video, diagram interaktif, dan fitur berbasis web lainnya yang dapat digunakan siswa saat dibutuhkan. Singkatnya, dalam sistem pembelajaran adaptif, siswa dapat mengontrol proses belajar mereka, mendapatkan akses ke sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan mempelajari sesuai kecepatan mereka sendiri. Teknologi pembelajaran adaptif dapat membuat lingkungan pembelajaran yang dapat disesuaikan secara cerdas dengan kebutuhan unik siswa dengan menyediakan informasi yang tepat, bahan ajar, perancah (atau scaffold), umpan balik, dan rekomendasi yang didasarkan pada karakteristik siswa.

References

N. Rahmawati, “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Pinisi J. Sci. Technol., pp. 1–12, 2023.

D. Salirawati, “Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah,” J. Sains dan Edukasi Sains, vol. 4, no. 1, pp. 17–27, 2021, doi: 10.24246/juses.v4i1p17-27.

N. Ariandini and A. Hidayati, “Pembelajaran Adaptif dalam Kurikulum Merdeka: Integrasi Teori Behavioristik, Kognitif, dan Konstruktivis dalam Teknologi Pendidikan,” J. Kependidikan Media, vol. 12, no. 3, pp. 158–164, 2023.

P. Pujiriyanto, C. Ismaniati, C. A. Budiningsih, H. Haryanto, and S. Suyantiningsih, “Teknologi Pendidikan Masa Depan Solusi Pembelajaran Era Disrupsi,” Jur. Kurikulum dan Teknol. pendidikan, Fak. Ilmu Pendidikan, UNY, vol. 1, pp. 5–6, 2022.

F., , P., and Y. Karneli, “Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral,” Al-Irsyad, vol. 10, no. 1, p. 96, 2020, doi: 10.30829/al-irsyad.v10i1.7657.

F. Tirtoni, “Fenomena Adaptif Pola Asuh Dan Bimbingan Belajar Orang Tua Siswa Anak Usia Sekolah Dasar Pada Saat Pandemi Covid-19,” Creat. Learn. Students Elem. Educ., vol. 4, no. 04, pp. 537–543, 2021, [Online]. Available: http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/7631%0Ahttps://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/7631/2474

M. N. Sari and P. E. A. Ningsih, “an Analysis of Students’ Motivation and Anxiety on Learning English At Sma Negeri 6 Kerinci,” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 5, no. 3, p. 181, 2022, doi: 10.31764/pendekar.v5i3.10994.

S. Wahyuni, “Upaya Konselor Dalam Membimbing Belajar Siswa Di Sd Inpres Tumbuh,” akultas Kegur. Dan Ilmu Pendidik. S1, no. 18093188206015, 2021.

S. Maryam et al., “Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif Innovative, Adaptive and Collaborative Teaching Module Development Training,” J. Empower., vol. 3, no. 1, pp. 82–92, 2022, [Online]. Available: https://meet.google.com/tuy-wfde-keo

M. N. Cahyanum, “Pengembangan Sistem Manufaktur Adaptif dalam Industri,” WriteBox, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2023.

W. Astuti and A. M. A. Malleleang, “Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab,” J. Ihtimam, vol. 5, no. 1, pp. 57–73, 2022, doi: 10.36668/jih.v5i1.371.

Sastrohamidjojo, “Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka,” Conv. Cent. Di Kota Tegal, no. 938, pp. 6–37, 2004.

N. Nilawati, “Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X Tkj Di Smk Negeri 6 Pekanbaru Tahun 2019,” Js (Jurnal Sekolah), vol. 4, no. 4, p. 52, 2020, doi: 10.24114/js.v4i4.20610.

Durrotunnisa and H. R. Nur, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3(2), 524–532, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

M. MARWANI, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Vi C Sd Negeri Wonosari I Tahun Pelajaran 2020/2021,” Elem. J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 28–34, 2021, doi: 10.51878/elementary.v1i2.120.

S. H. Moltudal, R. J. Krumsvik, and K. L. Høydal, “Adaptive Learning Technology in Primary Education: Implications for Professional Teacher Knowledge and Classroom Management,” Front. Educ., vol. 7, no. February, pp. 1–18, 2022, doi: 10.3389/feduc.2022.830536.

N. Hikmawati, M. I. Sufiyanto, and Jamilah, “Konsep dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Manajemen Kurikulum SD/MI,” Abuya J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2023, [Online]. Available: https://jurnalinkadha.org/index.php/abuya/article/view/278

T. Irhamsyah, “Kebijakan Umum Implementasi Merdeka Belajar,” J. At-Tabayyun, vol. 6, no. 2, pp. 70–81, 2023, doi: 10.62214/jat.v6i2.130.

A. Tunagrahita, D. Slb, N. Cendono, and K. Kudus, “Indonesian Journal for Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus,” vol. 3, no. 1, pp. 333–339, 2022.

M. N. Sari, Y. Setianti, K. Saleh, and D. H. Pitra, “Peran Artificial intelligence ( AI ) dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Mahasiswa di Pendidikan Tinggi,” vol. 06, no. 04, pp. 20148–20157, 2024.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Arfan Syahputra, W., & Hanum, Z. . (2023). Studi Tentang Efektifitas Pembelajaran Adaptif Berbasis Teknologi di Pendidikan Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 66–71. https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.220

Issue

Section

Articles