Peer Review Process


Setiap naskah yang diterima akan ditinjau oleh setidaknya dua pengulas, ditambah komentar editorial. Penulis diharuskan untuk merevisi naskah sesuai dengan komentar reviewer dan editor. Tim editor akan memprosesnya untuk publikasi nanti.

Artikel penelitian atau Naskah yang dikirimkan ke JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN pada awalnya ditinjau oleh editor untuk kesesuaian umum dengan fokus dan ruang lingkup JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN dan untuk kualitas penulisan.

Hanya artikel penelitian yang memenuhi fokus dan ruang lingkup JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN yang akan dikirim ke reviewer untuk double blind review.

Waktu peninjauan biasanya 3-4 minggu. Dua reviewer akan ditugaskan untuk mengevaluasi artikel penelitian atau naskah berdasarkan keahlian mereka. Peninjau diharapkan mengembalikan ulasan mereka dalam waktu 2 minggu. Peninjau ketiga akan ditunjuk jika salah satu pengulas tidak setuju dengan kualitas artikel penelitian untuk publikasi. Reviewer yang ditugaskan mengevaluasi artikel penelitian dengan menggunakan formulir evaluasi naskah standar.

Dewan Redaksi memperlakukan semua informasi dalam artikel penelitian sebagai rahasia. Pandangan reviewer yang ditugaskan menjadi panduan bagi editor JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN untuk membuat keputusan akhir tentang artikel penelitian. Keputusan akhir selalu menjadi milik editor JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Naskah-naskah yang dinilai oleh editor dan editor yang ditugaskan tidak pantas ditolak segera tanpa ulasan eksternal.
Editor kemudian membuat keputusan berdasarkan saran pengulas, dari antara beberapa kemungkinan:

1. Terima seperti yang tertulis tanpa revisi apa pun
2. Terima dengan revisi kecil (peninjauan putaran kedua tidak diperlukan)
3. Terima dengan revisi besar (peninjauan putaran kedua akan diperlukan)
4. Tolak (makalah tidak cocok untuk publikasi)