Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Tradisional dan Pembelajaran Berbasis Video Di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.221Keywords:
Efektifitas Pembelajaran, Tradisional Pembelajaran, Video PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas pembelajaran tradisional dan pembelajaran berbasis video di SMA Negri 1 KUALUH SELATAN. Metode yang digunakan adalah kualitatif yaitu mengumpulkan data dan menganalisis proses belajar siswa dengan memanfaatkan media video yang disediakan pihak sekolah. pembelajaran tradisional umumnya bergantung pada metode pengajaran dan penggunaan bahan ajar, dan efektivitasnya sering kali bergantung pada keterampilan berbicara dan presentasi guru. Dalam pembelajaran tradisional, interaksi langsung dan kesempatan tanya jawab merupakan keuntungan utama, namun beberapa siswa mungkin kesulitan memahami materi jika metode penyampaiannya tidak sesuai dengan gaya belajar mereka. Pada saat yang sama, penggunaan media video dapat memberikan visualisasi dan demonstrasi yang lebih konkrit, sehingga dapat membantu semua jenis pembelajar, terutama mereka yang lebih bersifat visual dan kinestetik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media video untuk pembelajaran memang membantu siswa memahami materi yang diberikan guru dan memudahkan mereka dalam menguasai materi yang disampaikan. Kegiatan ini dilakukan dengan mempersiapkan materi, memastikan tempat dan fasilitas pendukung, menjelaskan teori tentang materi dengan cara belajar melalui video, pembuatan media pembelajaran siswa dan juga kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi serta tanya jawab di ruangan kelas.
References
Efendi, R. (2020). Efendi, R. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Sma Negeri 4 Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 8(2), 1016-1021.
Gumantan, A. (2021). Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of Physical Education, 2(1), 26-31.
HATI, A. P. (2016). HATI, A. P. (2016). PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE PEMBELAJARAN TRADISIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN DAN MOTIVASI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN PENGAUDITAN II (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Hutahaean, J. (2020). Hutahaean, J., Azhar, Z., & Mulyani, N. (2020). Pelatihan aplikasi powerpoint bagi guru dan staf sd negeri 010240 pematang cengkring. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 147-154.
Ira Zulfa. (2022). Ira Zulfa, S. T. APLIKASI E-LEARNING UNTUK PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN MOBILE BERBASIS ANDROID.
Jennah, R. (2009). Jennah, R. (2009). Media pembelajaran.
Lutfi, N. (2024). Lutfi, N., & Sunardi, A. I. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY VIDEO.
Mamahit, C. E. (2021). Mamahit, C. E. (2021). Pengaruh pembelajaran jarak jauh model bauran terhadap hasil belajar dan persepsi mahasiswa [the effect of the blended learning model on student learning outcomes and perceptions]. Polyglot: Jurnal ilmiah, 17(1), 67-83.
Maulani. (2022). Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis penggunaan video sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19-26.
Novita, L. (2019). Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.
Rawis. (2024). Rawis, J. S., & Muzammil, A. R. (2024). Kesiapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Media Virtual Reality dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Penelitian Kualitatif. Tanjungpura Journal of Language Education, 1(1), 9-17.
Rohani, R. (2020). Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.
Setyawan, A. (2018). Setyawan, A. (2018, November). Perbandingan Pembelajaran Menggunakan Projected Motionmedia Dan Pembelajaran Menggunakan Projected Still Media Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bolavoli. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol. 1, No. 1).
Sucipto. (2023). Sucipto, S., Sumpena, A., & Wicaksono, M. A. M. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Tradisional dan Kooperatif Dalam Peningkatan Keterampilan Bermain Futsal. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 561-575.
Sugiarto, A. R. (2023). Sugiarto, A. R. (2023). METODE FLIPPED CLASSROOM. Manajemen Kelas Berbasis Outcome Based Education (OBE).
Utomo, F. T. S. (2023). Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.
Wisada, P. D.,. (2019). Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.
Yaumi, M. (2017). Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran. Pemanfaatan Media Bagi Anak Milenial Kerjasama. Universitas Muhammadiyah.