Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.223Keywords:
Teknologi Informasi, Media Pembelajaran, Canva, Aplikasi Android, Motivasi BelajarAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masa kini telah mendorong perubahan signifikan dalam dunia pendidikan. Teknologi ini memungkinkan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Sebagai salah satu bentuk inovasi, media pembelajaran digital seperti Canva dan aplikasi berbasis Android dapat memfasilitasi proses belajar-mengajar yang lebih efektif. Studi ini menyoroti pentingnya peran media pembelajaran dalam menarik minat siswa dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Meskipun banyak guru masih menggunakan media konvensional, penggunaan teknologi digital terbukti lebih efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan produktif. Penelitian ini khususnya fokus pada pengaruh aplikasi pembelajaran berbasis Android terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Kisaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tersebut memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini juga membandingkan hasil dengan beberapa studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa media pembelajaran digital meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di berbagai mata pelajaran dan jenjang pendidikan. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya aplikasi Android, dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di era digital ini.
References
J. Kajian and A. Islam, “LITERATUR REVIEW PENGGUNAAN MEDIA AI PLATFORM APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA,” vol. 8, no. 6, pp. 21–31, 2024.
K. Khaira Ummah and D. Mustika, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 1573–1582, 2024, [Online]. Available: https://jurnaldidaktika.org
A. D. Pertiwi, S. A. Nurfatimah, and S. Hasna, “Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 8839–8848, 2022.
R. Sinta and R. Fanreza, “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Media Digital Canva dalam Pembuatan Video Pembelajaran Ibadah Praktis pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Darul Ulum Budi Agung,” EduInovasi J. Basic Educ. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 846–853, 2024, doi: 10.47467/edu.v4i2.2239.
M. E. Prabowo and M. Muslimin, “MANAJEMEN BLENDED LEARNING BERBASIS WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SMAN 1 Manggelewa),” Islam. Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 02, p. 317, 2021, doi: 10.30868/im.v4i02.1262.
J. Saragih, A. P. P. Undap, and M. C. S. Mawikere, “Pemanfaatan media pembelajaran PAK berbasisi digital mobile learnung (studi multi situs di SMA negeri 9 Manado dan SMA Kristen Eben Haezar Manado),” J. JIWP, vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: 10.5281/zenodo.4659033.
A. T. Novitasari, “Motivasi Belajar sebagai Faktor Intrinsik Peserta Didik dalam Pencapaian Hasil Belajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 5110–5118, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1248.
N. Latifatul, R. Azra, and A. Fajar, “At Turots : Jurnal Pendidikan Islam Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti bagi siswa SMP Negeri 1 Jatisrono tahun ajaran 2021 / 2022 The Effect of Android Application-Based ,” vol. 5, no. 3, pp. 220–228, 2023.
G. I. Kharisma, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII,” BELAJAR Bhs. J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 5, no. 2, pp. 269–278, 2020, doi: 10.32528/bb.v5i2.2795.
E. R. A. Uma, Y. Makaborang, and Y. Ndjoeroemana, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan,” J. Pendidik. Indones. Gemilang, vol. 2, no. 1, pp. 9–16, 2022, doi: 10.53889/jpig.v2i1.58.
H. Fadillah, M. Masita, S. R. Ningsih, and ..., “Dampak Penggunaan Android Terhadap Aktivitas Pembelajaran Pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara,” J. Kaji. dan …, vol. 1, no. 6, 2023, [Online]. Available: http://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jkpu/article/view/711%0Ahttp://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jkpu/article/download/711/649
D. Louis and P. Müller, “Android,” Android, pp. I–XVII, 2022, doi: 10.3139/9783446451124.fm.
S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Merdeka Belajar, no. November, pp. 289–302, 2021.
A. Adriyansa, “Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Elarning Berbasis Android Pada Pelajar Sd,” J. Ilm. Sain dan Teknol., vol. 2, no. 5, pp. 1–7, 2024.
D. Apriyanti, “Pembelajaran Relasi Dan Fungsi Development of Ict-Based Learning Media on,” vol. 6, no. 1, pp. 60–71, 2024.
T. Rahmadona, Firman, and Desyandri, “Pengaruh Aplikasi Berbasis Android Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 5762–5767, 2022, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9202
S. Saude, A. A. Azis, M. Arsyad, and N. Atirah, “Pengaruh Media Mobile Learning Berbasis Android terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan,” vol. 7, no. September, pp. 62–74, 2023.