Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Siswa

Authors

  • Satria Mahmud Hamdi Program Studi Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.224

Keywords:

Teknologi Pendidikan, Peningkatan Keterampilan, Kolaboratif Siswa, Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pada bidang pendidikan. Yang dimana pada bidang pendidikan ini merupakan salah satu sektor yang paling banyak mengalami transformasi akibat penggunaan teknologi. Selain itu teknologi pendidikan tidak hanya mengubah cara pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga membuka peluang baru untuk meningkatkan keterampilan siswa. Selain itu dalam penelitian kali ini untuk menyelidiki serta mengidentifikasi bagaimanakah teknologi pendidikan dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif dari siswa pada lingkungan pendidikan. Selain itu juga terdapat tujuan lain seperti yaitu untuk mengeksplorasi berbagai jenis teknologi pendidikan yang dapat digunakan untuk memfasilitasi interaksi serta kerja sama antar siswa. Selain itu juga dalam penelitian kali ini menggunakan Metode Penelitian yaitu menggabungkan antara pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk mendapatkan data yang komprehensif dan mendalam. Maka berdasarkan pemaparan yang ada, disini kami selaku peneliti akan menarik beberpa kesimpulan inti antara lain seperti untuk kesimpulan yang pertama yaitu dalam penelitian kali ini menemukan bahwa teknologi kolaboratif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan memfasilitasi akses yang lebih mudah terhadap sumber daya pendidikan dan mendukung komunikasi secara real-time antar siswa, maka platform ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan individu dan kelompok. Selain itu juga dampak positif ini tidak hanya terlihat dalam peningkatan partisipasi siswa dalam kelas, tetapi juga dalam peningkatan kualitas interaksi dan kerja sama tim diantara para siswa yang ada dan untuk kesimpulan yang terakhir yaitu penggunaan teknologi kolaboratif ini telah membawa dampak positif pada pengembangan keterampilan "soft skills" dari para siswa. Yang dimana hal ini menunjukkan bahwa peningkatan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi, kerja sama tim, serta kepemimpinan informal diantara para siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran berbasis teknologi ini. Hal ini menegaskan bahwa integrasi teknologi tidak hanya berdampak pada aspek akademis, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tuntutan kehidupan di masa yang akan datang.

 

References

Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 25–36.

Ananda, R., Nurpadila, N., Putri, D. K., & Putri, Z. J. (2023). Analisis Keterampilan Profesional Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6638–6646. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2802

Astuti, M., Eka Wardana, I., Ardiansyah, S., & Oktariani, R. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Melalui Implementasi Teknologi Pendidikan. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 298–310. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.2043

Baikuna, L., Farhan Hidayatuloh, M., Fikri Rizal, M. I., Fitria, N., Ulfatun Anjelina, N., Rivan Eko Mahendra, M., Zahrotin Nisak, A., Studi Tadris IPS, P., & Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, U. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pemanfaatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 102–115. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1182

Demmanggasa, Y., Sabilaturrizqi, M. K., Mardikawati, B., Ramli, A., & Arifin, N. Y. (2023). Digitalisasi Pendidikan Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorasi Teknologi Pendidikan. Communnity Development Journal, 4(5), 11158–11167. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22045

Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.55903/jitu.v1i1.76

Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Indrawan et al, 2021. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw Daring Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP [The Effectiveness of the Online Jigsaw Learning Method in Improving Collaboration Skills of Middle School Students]. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 68–72.

Mahsus, M., & Latipah, E. (2021). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.38706

Mubarok, M. S., Nia Kurniasih, Bambang Qomaruzzaman, & Qiqi Yuliati Zaqiah. (2023). 2023 Fasilitas Belajar, Teknologi Pendidikan,dan Penerapannya dalam Pembelajaran PAI. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(11), 9287–9297.

Murtopo, A., Rahmaisyah, R., & Jusmaini, J. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era Digital 4.0. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 11(02), 96–110. https://doi.org/10.32520/al-afkar.v11i02.626

Ni Wayan Rati, & I Gd Astawan. (2022). Bagaimana Proyek Dapat Mengembangkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SD? Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 534–541. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52981

Raditya, K. A., I Ketut Gading, & I.G. Ayu Tri Agustiana. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.63116

Riak, S., & Hananto, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi, Kemampuan Regulasi Diri, Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Biologi Topik Pembelahan Sel Pada Siswa Sma Kelas Xii Ipa. Academy of Education Journal, 14(2), 890–905. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1942

Rostini, D., Hidayatillah, F., Suhendar, E., & Rananda Saputra, W. (2023). Implementasi Teknologi Kolaboratif dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6903–6909. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2713

Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.

Suariqi Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Mahmud Hamdi, S. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 97–106. https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.224

Issue

Section

Articles