Transformasi Sistem Pembelajaran untuk Mencetak Pemimpin Masa Depan

Authors

  • Dewi Shinta Kurnia Ilahi Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Moh Firghol Muttaqien Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Fina Magfirah Zaini Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Imam Bukhori Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ainur Rofiq Sofa Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v3i2.270

Keywords:

Pembelajaran Transformatif, Pemimpin Masa Depan, Berpikir Kritis, Integrasi Teknologi, Nilai Moral

Abstract

Transformasi sistem pembelajaran menjadi keharusan dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, seperti perubahan iklim, ketidakstabilan ekonomi, dan kemajuan teknologi yang cepat. Pendidikan harus berfungsi lebih dari sekadar mentransfer pengetahuan; ia juga harus mencetak pemimpin masa depan yang memiliki kemampuan berpikir kritis, inovatif, dan berintegritas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem pembelajaran transformatif yang mengintegrasikan teknologi canggih, pendekatan berbasis nilai moral, serta pengembangan keterampilan kepemimpinan dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-methods untuk menggali hubungan antara model pembelajaran berbasis proyek, penerapan teknologi, dan pengajaran nilai moral dalam membentuk kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta kepemimpinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran, ditambah dengan pendekatan berbasis nilai dan proyek, mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam berpikir kritis, berkreasi, dan mengambil keputusan yang berbasis etika serta kepemimpinan yang visioner. Temuan ini menegaskan bahwa sistem pembelajaran transformatif yang menggabungkan teknologi dan nilai moral memiliki potensi untuk mencetak generasi pemimpin yang siap menghadapi tantangan global dan memimpin perubahan sosial yang lebih positif dan berkelanjutan. Oleh karena itu, pendidikan perlu bertransformasi untuk menghasilkan pemimpin masa depan yang siap mengatasi ketidakpastian dunia yang terus berubah

References

Andiantosa, S. W., Miriam, S., & Mahtari, S. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis video eksperimen dan laboratorium virtual untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi gerak harmonik sederhana. Multi Discere Journal, 3(2).

Asyhar, R. (2023). Trik konsolidasi pendidikan karakter melalui model pembelajaran project based learning pada pembelajaran MIPA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4).

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3).

Dini, J. P. A. U. (2022). Inovasi pembelajaran dimasa pandemi: Implementasi pembelajaran berbasis proyek pendekatan destinasi imajinasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5).

Fitri, W. A., & Dilia, M. H. H. (2024). Optimalisasi teknologi AI dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(11).

Hanipah, S. (2023). Analisis kurikulum merdeka belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2).

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan dan inovasi pendidikan: Arah pendidikan di masa depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jamilah, I., Simajuntak, G. R. A., & Ginting, R. E. (2024). Pendidikan dan pelatihan: Pengembangan sumber daya manusia menuju Indonesia emas 2045. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(7).

Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi akademik: Tinjauan literatur pada pembelajaran kolaboratif. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(5).

Mukhid, M. P. (2023). Disain teknologi dan inovasi pembelajaran dalam budaya organisasi di lembaga pendidikan.

Mr, Y. A. Q. J., & Hanif, M. (2024). Integrasi teknologi dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 1 Kecila. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(2).

Nurjanah, E. A., & Mustofa, R. H. (2024). Transformasi pendidikan: Menganalisis pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada 3 SMA penggerak di Jawa Tengah. *Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13*(1).

Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., ... & Aini, K. (2022). Penelitian tindakan kelas. Pradina Pustaka.

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society, 3(3).

Purwanto, A., Tukiran, M., Asbari, M., Hyun, C. C., Santoso, P. B., & Wijayanti, L. M. (2020). Model kepemimpinan di lembaga pendidikan: A schematic literature review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3).

Rokhyani, E. (2022). Penguatan praksis bimbingan konseling dalam implementasi kebijakan merdeka belajar. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 3(1).

Ruslan, R. (2022). Eksplorasi peran pendidikan Islam dalam pengembangan moral: Kajian pustaka. Jurnal Sinestasia, 13(1).

Syawitri, W. N., & Iryanti, S. S. (2024). Islam dan pendidikan adab modern: Dakwah kekinian sebagai kontra narasi di dalam TikTok. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).

Widiastuti, H., & Hanif, M. (2024). Kepemimpinan transformasional inovatif berkelanjutan melalui madrasah sociopreneurship untuk menyongsong tantangan pendidikan modern di MAN 3 Banyumas. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(2).

Yananda, M. R., Rahadian, A., Hastiadi, F. F., Nagara, G., & Firdaus, B. (2022). Skenario masa depan Indonesia 2045: Pemimpin & masyarakat. Cikini Art Stage.

Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Shinta Kurnia Ilahi, D., Firghol Muttaqien, M. ., Magfirah Zaini, F., Bukhori, I. ., & Rofiq Sofa, A. (2024). Transformasi Sistem Pembelajaran untuk Mencetak Pemimpin Masa Depan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.56854/tp.v3i2.270

Issue

Section

Articles