Improving Motorcycle Ignition System Using CDI Programmed With The Duration Camchaft On A 4 Sep Motor That Has A Cylinder Volume Of 125 cc

Authors

  • Galih Muji Tri Sutrisno Progran Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Togik Hidayat Progran Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.56854/jei.v2i1.117

Keywords:

Performa mesin, CDI standar, CDI programmable

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menambah  karakteristik kinerja Engine kendaraan bebek yang menggunakan CDi standar (genuine) dan CDI programmable, dan untuk mengetahui perbedaan  performa mesin  yang menggunakan sebuah  CDI genuine dan CDI programmable.

 penelitian ini dilakuakan eksperimen. Objek penelitian yaitu unit sepeda motor  1 silinder 125 cc. bahan dan alat  yang diperlukan untuk melakukan pengukuran daya kendaraan yaitu Dynotest pada  motor. Eksperimen dilakukan dengan kondisi  masih sesuai dengan standart pabrik (tidak dilakukan modifikasi).

Hasil eksperimen  menunjukkan bahwa unit  Sepeda motor dengan CDI Genuine menghasilkan daya tertinggi 8HP yang diperoleh pada RPM 6542 dan Torsi tertinggi adalah 10,12 NM pada RPM 5085. Sedangkan setelah CDI nya diganti dengan CDI Programmable, daya tertinggi 8,2 pada RPM 6556 dan torsi 10,33 pada RPM 4670. (2) terdapat perpedaan performa mesin yang menggunakan CDI Genuine dan CDI Programmable. Mendapatkan Daya tertinggi sehingga tercapai hampir semua type  CDI Programmable, yaitu sebesar 8,2HP. Torsi tertinggi diperoleh dengan memajukan Timing CDI Programmable 2 derajat, yaitu 10,33Nm pada RPM 4670.

 

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Articles