Implementasi Data Mining untuk Menentukan Pola Penjualan di Armada Computer Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Zulhilmi Dharma Nugraha Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo
  • Hidayatus Sibyan Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo
  • Nahar Mardiyantoro Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo
  • Erna Dwi Astuti Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo
  • Rina Mahmudati Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.56854/jei.v1i2.62

Keywords:

Armada Computer, Data Mining, Algoritma Apriori

Abstract

Algoritma Apriori adalah metode penambangan data untuk menentukan aturan asosiasi antara satu set item. Untuk mengidentifikasi tren penjualan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kombinasi produk dan layanan yang paling umum. Komputer Armada memiliki masalah karena tidak tahu apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana mereka berbelanja. Satu hal yang harus diketahui oleh pelanggan adalah barang mana yang sering dibeli bersama. Algoritma Apriori akan digunakan dalam data mining untuk mengidentifikasi kombinasi produk yang sering dibeli bersama oleh pelanggan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menghasilkan 29 aturan produk yang sering dibeli bersama. bersama-sama dengan dukungan minimum 5% dan kepercayaan minimum 70%. Rekomendasi ini akan digunakan untuk mempromosikan produk untuk bisnis.

 

Downloads

Published

2023-05-23

Issue

Section

Articles