Problematika Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas 7 SMP Negeri 4 Ngamprah
DOI:
https://doi.org/10.56854/jspk.v3i1.263Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas 7 di SMP Negeri 4 Ngamprah. Fokus penelitian mencakup empat aspek utama kesulitan yang dihadapi siswa: pemunculan ide, pengembangan alur, struktural, dan kebahasaan. Metode analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengkaji permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi kesulitan yang bersifat kompleks dan multidimensional dalam menulis teks cerita fantasi. Kesulitan tersebut meliputi: (1) kesulitan memunculkan ide sebagai hambatan awal proses kreatif, (2) kesulitan pengembangan alur yang mencakup masalah dalam mengembangkan rangkaian peristiwa dan mempertahankan konsistensi logika cerita, (3) kesulitan struktural dalam mengembangkan orientasi, latar, tokoh, komplikasi, dan resolusi, serta (4) kesulitan kebahasaan yang meliputi keterbatasan penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa diperlukan pendekatan pembelajaran yang terintegrasi, sistematis, kontekstual, dan berkelanjutan untuk mengatasi problematika tersebut. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP.