Strategi Pembiasaan Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Kontekstual Di SMP IT Miftahul Jannah
DOI:
https://doi.org/10.56854/jspk.v3i1.267Keywords:
Bahasa Indonesia, Kontekstual, PembiasaanAbstract
Kemampuan berbahasa Indonesia siswa di SMP IT Miftahul Jannah sangat rendah karena sudah terbiasa dan nyaman menggunakan bahasa Sunda maka peneliti menerapkan pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual. Melalui metode kualitatif deskriptif dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembiasaan berbahasa Indonesia di SMP IT Miftahul Jannah efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa, terutama dalam hal komunikasi dan berdiskusi. Dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi nyata siswa, pendekatan ini mampu membuat pembelajaran lebih bermakna dan memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi.