Problematika pada Pembelajaran Apresiasi Sastra
DOI:
https://doi.org/10.56854/jspk.v1i2.66Keywords:
problematika, pembelajaran, apresiasi, sastraAbstract
Artikel ini, selain bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pada pembelajaran apresiasi sastra , mengkaji kondisi pembelajarannya melalui kajian pustaka dari berbagai makalah ilmiah, jurnal, dan buku terkait apresiasi sastra juga membahas beberapa langkah-langkah sederhana peran penting guru dalam menstimulasi pembelajaran apresiasi sastra. Siswa perlu dituntun untuk mengenal apresiasi sastra lebih jauh. Problematika apresiasi sastra diharapkan teratasi melalui peningkatan kemampuan guru dalam proses pembelajaran apresiasi sastra , tidak hanya penyampaian teori dan sejarah sastra di kelas, namun mengajak siswa untuk lebih mengeksplorasi dirinya pada apresiasi sastra baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik observasi dan studi Pustaka sebagai cara pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah Pengajar harus mampu membuat pembelajaran sastra semenarik mungkin, sehingga peserta didik berminat dengan karya sastra dan mampu mengapresiasinya.
Kata Kunci: problematika, pembelajaran, apresiasi, sastra.