Efektifitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Promosi Pariwisata
DOI:
https://doi.org/10.56854/jspk.v1i3.99Keywords:
efektifitas, promosi, mediaAbstract
Abstract
in tourism promotion media, advertisers use language as a communication tool to convey ideas in selling a product or offering their services. This research on the effectiveness of using Indonesian in tourism promotion media aims to identify which Indonesian language expressions are often used in tourism promotion media, both electronic and print media. Reviewing the delivery of promotional messages contained in tourism promotion media. Analyzing the effectiveness of the use of promotional language contained in tourism promotion media. This research focuses on the efficiency and use of the Indonesian language to be used as promotional materials in electronic and print media to increase sales in promotional media. This article uses library research and virtual observation methods. The results of the study show that media promotion can be better by using Indonesian as promotional material in both electronic and print media.
Keyword : effectiveness, promotion, media
Abstrak
Dalam media promosi pariwisata pengiklan menggunakan bahasa sebagai salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan gagasan dalam menjual suatu produk atau menawarkan jasanya. Penelitian tentang efektifitas penggunaan bahasa Indonesia dalam media promosi pariwisata ini bertujuan untuk mengidentifikasi ekspresi bahasa Indonesia apa saja yang sering di gunakan dalam media promosi pariwisata baik media elektronik maupun cetak. Mengkaji penyampaian pesan promosi yang terdapat dalam media promosi pariwisata. Menganalisis efektivitas penggunaan bahasa promosi yang terdapat dalam media promosi pariwisata. Penelitian ini berfokus pada ke efisiensi an penggunaan bahasa Indonesia untuk di gunakan sebagai bahan promosi pada media elektronik maupun cetak untuk meningkatkan penjualan dalam media promosi. Artikel ini menggunakan metode penelitian studi pustaka dan observasi virtual. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi media dapat menjadi lebih baik dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahan promosi baik di media elektronik maupun cetak.
Keyword : efektifitas, promosi, media