Strategi Blended Learning Dalam Pembelajaran PAK di SMP Negeri 1 Tombariri Kabupaten Minahasa

Authors

  • Nancy E. Polak Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Manajemen Pendidikan Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Erwin Sianturi Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Musik Gereja, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Veren V. Horimu Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Grace N. Birahim Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Michael F. Polii Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v1i1.1

Keywords:

Blended Learning, Pembelajaran PAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Strategi Blended Learning di masa pandemik covid-19 di SMP Negeri 1 Tombariri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil analisis dan interpretasi data diperoleh bahwa: (1) Peneliti menemukan bahwa Strategi Blended Learning dalam pembelajaran PAK di SMP Negeri 1 Tombariri, yaitu : Dalam perencanaan pelaksanaan Blended Learning di SMP Negeri 1 Tombariri sesuai dengan tahapan pelaksanaan Blended Learning yaitu pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPP, dan jadwal pembelajaran baik online maupun offline. Guru juga sudah menyiapkan terlebih dahulu media pembelajaran seperti, video pembelajaran, link pembelajaran dll. Dan materi pembelajaran sudah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan siswa dimasa pandemik saat ini. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan Blended Learning di SMP Negeri 1 Tombariri, yaitu : tidak semua siswa mempunyai fasilitas dalam pembelajaran online, jaringan yang kurang baik dan kurangnya kehadiran siswa dalam pembelajaran online maupun offline, sehingga ini menjadi faktor penghambat yang menonjol dalam pelaksanaan Blended Learning dan mengakibatkan kesulitan bagi guru dalam penyusunan penilaian. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk guru PAK agar terus mengasah kompetensi juga untuk berinovasi dan kreatif dalam pembelajaran PAK meskipun dalam masa pandemic sekarang ini. Orang tua juga harus terus melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pendidikan anak.

References

Fathurrahman & Nuthpaturahman H. 2015. Blended Learning. Institut Agama Islam Negeri Banjarmasin.

Husamah. 2014. Pembelajaran Baruan Blended Learning. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Istiningsi Siti & Hasbullah. 2015. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, Vol. 01 No. 01.

Massang, B., Kindangen, M., & Tulung, J. M. (2022). Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 337–343. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.2050

Massang, B., Manoppo, F. K., & Makawimbang, J. (2022). Belajar dari Pandemi: Model pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Pasca Pandemi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4423–4428. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2929

Mawahdah Zakiah, “Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Kelas V sekolah dasar pada masa pandemik COVID- 19. Universitas Jambi

Wardani Deklara, Toenlioe Anselnus & Wedi Agus. 2018. Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. JKTP. Vol 1. No 1.

Wihartini Kiki, “Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Universitas Negeri Medan

Zulkarnain, “Motivasi Orang Tua dalam Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Anak”, Skripsi : Universitas Islam Negeri AR-RANIRY DARUSALAM-BANDA ACEH

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Polak, N. E., Sianturi, E. ., Horimu, V. V., Birahim, G. N. ., & Polii, M. F. . (2022). Strategi Blended Learning Dalam Pembelajaran PAK di SMP Negeri 1 Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56854/tp.v1i1.1

Issue

Section

Articles