Penerapan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran PAK di SMK Regenerasi Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa

Authors

  • Febri Kurnia Manoppo Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Musik Gereja, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Erwin Sianturi Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Sugijanti Supit Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Elfin Mulaki Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Hasia Mamonto Pascasarjana, Program Studi S2 Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Manado

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v1i1.2

Keywords:

Media Audio Visual, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapa media audio visual sebagai salah satu alat perantara yang bisa membantu pendidik dalam proses pembelajaran khususnya pendidikan agama Kristen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di SMK Regenerasi Tateli Kecamatan mandolang Kabupaten Minahasa 2021.Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa guru PAK kurang kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran PAK  dan media pembelajaran audio visual jarang digunakan. Hambatan dalam penggunaan media audio visual karena kurangnya ketersediaan media pembelajaran di sekolah. Namun ada upaya yang dilakukan oleh sekolah termasuk di dalamnya guru-guru untuk menyediakan media pembelajaran dalam menunjang dan memperlengkai proses pembelajaran untuk mencapai tujuan.

References

Hairun,Y. 2020. Evaluasi Dan Penilitian Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Melawati, Jurnal Implementasi Media Pembelajaran Audi visual pada Sekolah SMP Al-Munib,https://jurnal.unitirta.ac.id , ( diakses pada tanggal 19 april 2021).

Massang, B., Kindangen, M., & Tulung, J. M. (2022). Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 337–343. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.2050

Nirwana. 2019. Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mempersiapkan RPP. Jurnal Literasiologi, 1(19), 1–9.

Nurahmat, I. 2019. Kurangnya Sarana Dan Prasarana Sekolah Di Kota Padang.

Rohmah, S. (2022). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sejarah Kebudayaan Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan …, 04(02), 127–141. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/20316%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/download/20316/6508

Sadiman, A. 2002. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar,Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Simamora, Dame Taruli &Rida Goltum. 2011. Pendidikan Agama Kristen Kepada Remaja dan Pemuda. Medan: Mitra.

Sudjana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesind

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 43–48.

Tafonao, T. 2018. Peran Pengajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak, baik dalam keluarga, sekolah, di tempat ibadah dan masyarakat, agar kelak anak-anak dapat menghadapi setiap problem secara kognitif, afektif dan psik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 125.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Manoppo, F. K., Sianturi , E. ., Supit, S. ., Mulaki, E. ., & Mamonto, H. . (2022). Penerapan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran PAK di SMK Regenerasi Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.56854/tp.v1i1.2

Issue

Section

Articles