Efektifitas Pendidikan dan Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Bagi Guru
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.21Keywords:
Pendidikan, Pelatihan, Media Pembelajaran, Matematika, GuruAbstract
Tujuan pembuatan media pendidikan matematika adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengajaran dan pembelajaran matematika. Pembuatan konten matematis dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam pendekatan, dari yang sudah dicoba dan benar hingga yang inovatif (dan menarik secara visual). Oleh karena itu, diperlukan suatu latihan yang dapat membantu pendidik melihat pentingnya kemampuan mengkonstruksi dan memproduksi media pembelajaran Matematika dengan berbagai model untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan SLR (Systematic Literature Review) dalam penyelidikannya. Artikel yang berhubungan dengan Media Pembelajaran Matematika didokumentasikan dan direview untuk mengumpulkan informasi. Lima belas makalah ilmiah digunakan dalam penyelidikan ini; mereka bersumber dari Google Schooler, Research Gate, SINTA, DOAJ, dan Scopus.
References
Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238
Arisandy, D. H. D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa The Influence of Quipper School to the Interest of Learning Mathematics among Students. Jurnal Psikogenesis, 6(2), 197–204.
Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., & ... (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal …. https://www.academia.edu/download/87338420/pdf.pdf
Dominikus, W. S., Nenohai, J. M. H., Samo, D. D., & Udil, P. A. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR BAGI GURU-GURU SDK St. ARNOLDUS PENFUI-KUPANG. Bakti Cendana, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.32938/bc.v4i1.862
Fahmi, S., Priwantoro, S. W., & Nugroho, B. A. N. (2018). Pelatihan Kemampuan E-Learning Guru Matematika Dengan Menggunakan Moodle. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 71. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.124
Friansah, D., & Yanto, Y. (2020). Pelatihan Learning Management System-Schoology Bagi Guru Mgmp Matematika Sma/Smk Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.848
Hakim, D. L. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service, 2(2), hlm. 157–163.
Husna, A. (2018). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar Rw. 01 Kelurahan Kibing. Minda Baharu, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1169
Isnurani, I., Ilmadi, I., Aden, A., Sastro, G., Valentika, N., Nurbaiti, D., Sugianti, D., Ariffah, N., Lestari, P. I., Oktavian, S., Maesaroh, S., Nurmelani, V., N, V. V., & Zufikar, P. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Abdidas, 2(1), 121–126. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.217
Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 27. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.560
Riki Andriatna, Imam Sujadi, Budiyono, Ira Kurniawati, Arum Nur Wulandari, & Hanifa Alifia Puteri. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Faststone Capture dalam Menyusun Bahan Ajar untuk Pembelajaran Matematika Model Flipped Classroom. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 371–377. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8383
Sijabat, O. P., Sihombing, L. N., Siregar, N., Sianipar, H. H., Simamora, R., Manalu, D. B., Sijabat, A., Purba, N., Purba, R., & Sibagariang, S. A. (2021). Pelatihan Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring pada Guru-Guru SD Negeri 091316 Kabupaten Simalungun. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.33292/mayadani.v2i1.49
Syamsuddin, S., Ahmad, H., Hasliana, L., Latif, A., & Tasni, N. (2020). Pkm-Peningkatan Keterampilan Guru Matematika Smk Kabupaten Majene Dalam Penggunaan Geoenzo Sebagai Media Pembelajaran Matematika. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 60–73. https://doi.org/10.31540/jpm.v3i1.991
Wahyuningtyas, D. T., & Shinta, R. N. (2017). Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14, 8–11. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/4293
Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298