Efektifitas Pendidikan dan Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Bagi Guru

Authors

  • Ernawati Ernawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung
  • Muhammad Nurwahidin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Lampung
  • Riswandi Riswandi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.21

Keywords:

Pendidikan, Pelatihan, Media Pembelajaran, Matematika, Guru

Abstract

Tujuan pembuatan media pendidikan matematika adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengajaran dan pembelajaran matematika. Pembuatan konten matematis dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam pendekatan, dari yang sudah dicoba dan benar hingga yang inovatif (dan menarik secara visual). Oleh karena itu, diperlukan suatu latihan yang dapat membantu pendidik melihat pentingnya kemampuan mengkonstruksi dan memproduksi media pembelajaran Matematika dengan berbagai model untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan SLR (Systematic Literature Review) dalam penyelidikannya. Artikel yang berhubungan dengan Media Pembelajaran Matematika didokumentasikan dan direview untuk mengumpulkan informasi. Lima belas makalah ilmiah digunakan dalam penyelidikan ini; mereka bersumber dari Google Schooler, Research Gate, SINTA, DOAJ, dan Scopus.

References

Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238

Arisandy, D. H. D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa The Influence of Quipper School to the Interest of Learning Mathematics among Students. Jurnal Psikogenesis, 6(2), 197–204.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., & ... (2021). Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. Martabe: Jurnal …. https://www.academia.edu/download/87338420/pdf.pdf

Dominikus, W. S., Nenohai, J. M. H., Samo, D. D., & Udil, P. A. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR BAGI GURU-GURU SDK St. ARNOLDUS PENFUI-KUPANG. Bakti Cendana, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.32938/bc.v4i1.862

Fahmi, S., Priwantoro, S. W., & Nugroho, B. A. N. (2018). Pelatihan Kemampuan E-Learning Guru Matematika Dengan Menggunakan Moodle. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 71. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.124

Friansah, D., & Yanto, Y. (2020). Pelatihan Learning Management System-Schoology Bagi Guru Mgmp Matematika Sma/Smk Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.848

Hakim, D. L. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service, 2(2), hlm. 157–163.

Husna, A. (2018). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar Rw. 01 Kelurahan Kibing. Minda Baharu, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1169

Isnurani, I., Ilmadi, I., Aden, A., Sastro, G., Valentika, N., Nurbaiti, D., Sugianti, D., Ariffah, N., Lestari, P. I., Oktavian, S., Maesaroh, S., Nurmelani, V., N, V. V., & Zufikar, P. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Abdidas, 2(1), 121–126. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.217

Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 27. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.560

Riki Andriatna, Imam Sujadi, Budiyono, Ira Kurniawati, Arum Nur Wulandari, & Hanifa Alifia Puteri. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Faststone Capture dalam Menyusun Bahan Ajar untuk Pembelajaran Matematika Model Flipped Classroom. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 371–377. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8383

Sijabat, O. P., Sihombing, L. N., Siregar, N., Sianipar, H. H., Simamora, R., Manalu, D. B., Sijabat, A., Purba, N., Purba, R., & Sibagariang, S. A. (2021). Pelatihan Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring pada Guru-Guru SD Negeri 091316 Kabupaten Simalungun. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.33292/mayadani.v2i1.49

Syamsuddin, S., Ahmad, H., Hasliana, L., Latif, A., & Tasni, N. (2020). Pkm-Peningkatan Keterampilan Guru Matematika Smk Kabupaten Majene Dalam Penggunaan Geoenzo Sebagai Media Pembelajaran Matematika. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 60–73. https://doi.org/10.31540/jpm.v3i1.991

Wahyuningtyas, D. T., & Shinta, R. N. (2017). Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14, 8–11. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/4293

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Ernawati, E., Nurwahidin, M. ., & Riswandi, R. (2022). Efektifitas Pendidikan dan Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Bagi Guru . Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.21

Issue

Section

Articles