Analisis Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.222Keywords:
Penerapan Multimedia, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar, Multimedia Interaktif, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan dan keefektifan penerapan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Pendidikan yang berkualitas sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang cerdas dan demokratis, sehingga pembaharuan dalam metode pembelajaran selalu diperlukan. Penggunaan multimedia interaktif, seperti Lectora Inspire, dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi ajar. Multimedia interaktif memungkinkan penyajian materi yang lebih menarik dan efisien, yang dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berbahasa mereka dengan lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Data yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif di masa mendatang.
References
MUHAMMAD AKMAL, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES TELLO BARU KOTA MAKASSAR,” pp. 139–141, 2021.
N. Muhamad Nukman, Mariana, “Upaya pemertahanan budaya lokal dalam pembelajaran bahasa asing pada perspektif glokalisasi,” Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, pp. 276–283, 2024.
I. T. R. I. Darani, “Indah tri darani nim 20591084,” 2024.
S. Syamsiah, “Pengembangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 53–63, 2017, doi: 10.30998/sap.v2i1.1723.
N. Widad et al., “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Kelas V UPT Sekolah Dasar Negeri 153 Gresik Farida Istianah”.
S. RivaI and A. Rahmat, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Untuk PemahamanKonsep Dasar Matematika Bagi Mahasiswa Jurusan S1Pendidikan Guru Sekolah Dasar,” J. Pengabdi. Masy., vol. 03, no. 1, pp. 57–68, 2023.
L. Widyaningsih and G. K. Assidik, “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Berbasis Pembelajaran Multimodal di Sekolah Menengah Pertama,” J. Onoma Pendidikan, Bhs. …, vol. 10, no. 2, pp. 2157–2172, 2024.
L. Sifa and P. D. Purwati, “Pengembangan Model Role Play Berbantuan Media E-Big Book untuk Pembelajaran Elemen Membaca Permulaan Siswa Kelas 1,” vol. 06, no. 03, pp. 17965–17977, 2024.
Andrey Bachtiar, “Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sdn Pakintelan 03 Semarang,” p. 253, 2022.
R. N. MAKHFUDZOH, “PENERAPAN MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK SISWI KELAS VII MTs PUTRI NW NARMADA,” Occup. Med. (Chic. Ill)., vol. 53, no. 4, p. 130, 2021.
M. N. Faradita, “Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Ipa di SD Tawangsari,” Literasi dalam Pendidik. di Era Digit. untuk Gener. Millenial, pp. 309–317, 2020.
G. E. F. Reksa Adya Pribadi, Hosi’ah, Anggel Veronika Siahaan, Muhamad Afrizal, “Analisis Penerapan Multimedia Interaktif Di Kelas 5 SDN Karundang 1,” vol. 10, no. 0, pp. 1–23, 2024.
N. Ade Arif Hilmansyah, Agni Nurul Janah, Anggi Febrianti, “MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI,” vol. 3, no. 02, pp. 301–306, 2024.
Y. Abidin, S. N. M. Aljamaliah, F. Rakhmayanti, and D. Anggraeni, “Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD,” Nat. J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 1230–1242, 2022, doi: 10.35568/naturalistic.v6i2.1789.
W. I. Dissemination, S. D. N. Mambalan, J. R. Mambalan, and W. L. Ntb, “Sistem Penyebaran Infomasi Tentang Sdn 1 Mambalan Berbasis Website,” vol. 5, no. 1, pp. 93–102, 2024.
C. A. Diningsih, “KIASAN DASAR GERAKANPRAMUKADALAMMEMBENTUKJATI DIRI BANGSA INDONESIA,” no. 0, pp. 1–23, 2024.
Y. Intaniasari, R. D. Utami, E. Purnomo, and A. Aswadi, “Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar,” Bul. Pengemb. Perangkat Pembelajaran, vol. 4, no. 1, 2022, doi: 10.23917/bppp.v4i1.19424.
N. A. Suryandaru, “Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran Yang Efektif,” J. Pendidik. dan Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 03, pp. 88–91, 2020.