Analisis Penerapan Pembelajaran Blended Learning Di Perguruan Tinggi

Authors

  • Neni Mulyani Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal, Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.225

Keywords:

Blended Learning, Pembelajaran, Perguruan Tinggi

Abstract

Dalam era revolusi Industri 4.0, kemajuan teknologi sangat penting untuk mengubah pendidikan tinggi. Dengan menggabungkan pembelajaran tatap muka dan e-learning, model pembelajaran ini meningkatkan interaksi dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Kemajuan dalam teknologi dan informatika telah memberi orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, kesempatan untuk menggunakan barang elektronik, termasuk telepon seluler. Pembelajaran kombinasi dengan e-learning juga dikenal sebagai blended learning. Metode ini menggabungkan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran online. Di universitas, pembelajaran blended ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa. Blended learning adalah model pembelajaran yang menggabungkan aktifitas belajar di kelas dengan aktivitas yang dilakukan secara online. Model ini dapat mempermudah penyebaran informasi. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan tentang penggunaan blended learning dan saran untuk perbaikan tambahan yang dapat membantu mahasiswa perguruan tinggi belajar dengan lebih baik. Jadi, metode pembelajaran campuran dapat digunakan sebagai alternatif yang bagus untuk mahasiswa di perguruan tinggi. Namun, itu harus mempertimbangkan perubahan dan perubahan yang diperlukan.

References

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Innovation Fungsi Perguruan Tinggi di Tengah Pusuran Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018. 4(July), 1–23.

Arifin, A. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin diperguruan tinggi. EDUTECH Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3 No 1(1), 117–132.

Arifin, S., & Maulidi, A. (2023). Penerapan Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 272–279. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.455

Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 527–539.

Fathurrahman, Heri, S., & Abbas, R. D. A. Y. E. W. (2022). Analisis Pembelajaran Kooperatif dalam Penerapan Blended Learning Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 733–739.

Hutami, N. P., Azwar, B., & Warlizasusi, J. (2022). Analisis Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.15575/isema.v7i1.11397

Ilham, M., Mujiyati, S., & Saefudin, A. (2023). Efektivitas Blended Learning pada Pembelajaran Teknologi Pendidikan Mahasiswa Semester 4 Prodi PAI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 16–23. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.692

Nugroho, A. D., & Tamansiswa, U. S. (n.d.). Pelaksanaan Blended Learning Pada Pembelajaran.

Nurhayati, Rokhimawan, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3858–3865.

Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Dwi Kirana, R., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.55-72

Santi, A. (2022). Analisis Penerapan Blended Learning Pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan Di Era New Normal. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 65–78. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p65-78

Santi Maudiarti. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 53–68.

Shandyastini, N. M., Dwi, K., & Novianti, P. (2016). Jurnal TEKNOIF ISSN : 2338-2724 ANALISIS E-LEARNING STMIK STIKOM BALI MENGGUNAKAN TECHONOLOGY ACCEPTANCE MODEL Jurnal TEKNOIF ISSN : 2338-2724. 4(2), 1–6.

Suwarno, S., & Hendi, H. (2018). Analisis Pengaruh Blended Learning dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Mahasiswa. Computer Based Information System Journal, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.33884/cbis.v6i2.689

Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30–44. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Mulyani, N. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Blended Learning Di Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 107–109. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.225

Issue

Section

Articles