Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa

Authors

  • Dina Yanti Situmorang UPT SD Negeri 07 Durian, Batubara, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.226

Keywords:

Teknologi, Anak-anak, Pendidikan, Media Sosial, Pengawasan Orang Tua

Abstract

Di era digitalisasi dan milenial saat ini, teknologi informasi (IT) telah menjadi bagian integral dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Anak-anak yang menggunakan IT, terutama handphone, untuk pembelajaran daring menunjukkan perubahan signifikan dalam sikap, moral, dan kepribadian. Pengaruh teknologi pada anak-anak bisa bersifat positif maupun negatif, tergantung pada pengawasan dan bimbingan orang tua. Penggunaan gadget secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan fisik, penurunan konsentrasi belajar, dan perubahan perilaku sosial serta emosional. Namun, jika digunakan dengan bijak, teknologi dapat mempermudah akses informasi dan meningkatkan kreativitas belajar. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam membimbing dan mengawasi anak-anak dalam menggunakan teknologi, serta menanamkan nilai-nilai moral dan karakter positif. Selain itu, literasi dan pembinaan akhlak juga diperlukan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter baik. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media sosial terhadap perkembangan anak sekolah dasar, serta menyoroti peran penting orang tua dalam proses ini.

References

F. Khaulani, S. Neviyarni, and I. Murni, “Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sd,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 51–59, 2020.

F. Handayani and R. A. Maharani, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar,” J. Pendidik. …, vol. 6, pp. 11362–11369, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4244%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4244/3549

A. S. Anwar, K. Leo, U. Ruswandi, and M. Erihadiana, “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 melalui Media Sosial,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 8, pp. 3044–3052, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i8.795.

L. A. Rosdiana, D. Sunendar, and V. S. Damaianti, “Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19,” Alinea J. Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, vol. 10, no. 2, p. 161, 2021, doi: 10.35194/alinea.v10i2.1420.

N. A.-Z. Najibullah, F. Al-Kautsar, A. N. Insani, and D. I. Setiabudi, “Ubungan Media Sosial Di Era Digital Terhadap Moralitas Anak Bangsa Indonesia,” Civilia J. Kaji. Huk. dan Pendidik. Kewarganegaraan, vol. Vol 2, No, p. 34, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.anfa.co.id/index.php/civilia/article/view/546

M. P. Anggra Lita Sandra Dewi, S.Pd., “Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Science (80-. )., vol. 3, no. 2, pp. 1–7, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/psd/article/download/493/312

NOFATIN, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP,” Estuar. Coast. Shelf Sci., vol. 2020, no. 1, pp. 473–484, 2019.

S. F. Syifa, A. Nur Istirohmah, P. Lestari, and M. Nur Azizah, “Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik,” J. BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inov. Pendidikan), vol. 5, no. 1, pp. 21–27, 2023, doi: 10.52005/belaindika.v5i1.100.

H. I. Saleh, B. Nurjayati, and O. Jumadi, “Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba,” J. Sainsmat, vol. 4, no. 1, pp. 7–13, 2020, [Online]. Available: http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

B. Basri, “Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 4, no. 4, p. 433, 2020, doi: 10.17977/jptpp.v4i4.12234.

Irfan, “Pengaruh Antara Pola Interaksi Edukatif Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X,” EduSociata J. Pendidik. Sosiol., vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2020.

MEILANI, “PENGARUH INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 KLATEN,” Ekp, vol. 13, 2020.

R. Rejeki, M. F. Adnan, and P. S. Siregar, “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 337–343, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.351.

O. A. Yayu Nurhayati, “Program linier Teori dan Aplikasi,” Anal. Biochem., vol. 11, no. 1, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

S. P. Amalia and R. R. Taufik, “Peranan Media Sosial Tiktok Dalam Menyebarkan Berita Terkini Inspira TV,” vol. 11, no. 1, pp. 107–118, 2024.

M. Rahman, I. Nursyabilah, P. Astuti, M. I. Syam, S. Mukramin, and W. O. I. Kurnawati, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran,” J. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 10646–10653, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i3.1890.

J. Y. Tintingon, H. R. Lumapow, and V. N. J. Rotty, “Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 9, no. 2, pp. 798–809, 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i2.5088.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Yanti Situmorang, D. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 110–119. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.226

Issue

Section

Articles