Implementasi Sistem Pembelajaran Berbasis Internet Of Things Disekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.229Keywords:
Sekolah, IOT, PendidikanAbstract
Penyelenggaraan Belajar mengakibatkan perubahan besar dalam sistem pembelajaran yakni menjadi berbasis online. Dengan perkembangan teknologi dewasa ini menjadikan Internet of Things (IoT) sangat tepat diterapkan dalam dunia pendidikan baik dalam segi kurikulum maupun pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan penggunaan Internet of Things (IoT) dalam menunjang pembelajaran di SMA Kesuma Bangsa dalam menunjang pembelajaran. Strategi pemecahan masalah yang dipilih oleh peneliti adalah supervisi akademik hal ini dilakukan dengan alasan: permasalahan yanng dihadapi guru adalah terkait dengan tugas pokok guru yang harus disesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru dengan melaksanakan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa berbasis IoT sebagai dampak dari pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan berbagai aspek yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran
References
D. K. Yestiani and N. Zahwa, “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar,” Fondatia, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020, doi: 10.36088/fondatia.v4i1.515.
A. Kosasih, “Konsep Pendidikan Nilai,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.
A. Hadiapurwa, P. Riani, M. F. Yulianti, and E. K. Yuningsih, “Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Al-Mudarris (Jurnal Ilm. Pendidik. Islam., vol. 4, no. 1, pp. 115–129, 2021, doi: 10.23971/mdr.v4i1.3140.
R. Sofiah, S. Suhartono, and R. Hidayah, “Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur,” Pedagog. J. Penelit. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 1–18, 2020, doi: 10.25134/pedagogi.v7i1.2611.
A. Faidlon, Z. Arifin, D. Prihatmoko, Safrizal, and M. W. A. Addiyan, “Peningkatkan Pemahaman dan Minat Siswa SMKN 1 Kalinyamatan Jepara pada Internet of Things (IoT): Pelatihan dalam rangka Perayaan Dies Natalis Teknik Elektro UNISNU Jepara,” Nusant. J. Community Engagem. Empower., vol. 1, no. 1, pp. 36–44, 2024, doi: 10.36564/njcee.v1i1.9.
M. Rosdiana and E. Sutriyatna, “Penerapan Internet Of Things Pada Sistem Aplikasi Presensi Siswa Berbasis Web,” J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 5, pp. 1100–1107, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic
A. E. Wyse, E. M. Stickney, D. Butz, A. Beckler, and C. N. Close, “The Potential Impact of COVID-19 on Student Learning and How Schools Can Respond,” Educ. Meas. Issues Pract., vol. 39, no. 3, pp. 60–64, 2020, doi: 10.1111/emip.12357.
C. Gojono, A. N. Kwandy, F. Victoria, F. B. Syachputra, Y. K. Kumemap, and L. D. Anggraini, “Penerapan Internet of Things dalam Pembelajaran Daring di Masa Depan untuk Membantu Guru SMA Kalam Kudus,” Pros. Semin. Nas. Desain Sos., no. May, p. 2021, 2021.
A. F. Ritonga, S. Wahyu, and F. O. Purnomo, “Implementasi Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Jakarta 1,” Risenologi, vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.47028/j.risenologi.2020.51.57.
M. Yusuf, M. Sodik, S. Darussalam, K. Nganjuk, and U. Blitar, “Penggunaan Teknologi Internet of Things (Iot) Dalam Pengelolaan Fasilitas Dan Infrastruktur Lembaga Pendidikan Islam,” Prophet. J. Kaji. Keislam., vol. 1, no. 2, pp. 1–18, 2023.
S. Ujud, T. D. Nur, Y. Yusuf, N. Saibi, and M. R. Ramli, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan,” J. Bioedukasi, vol. 6, no. 2, pp. 337–347, 2023, doi: 10.33387/bioedu.v6i2.7305.
S. Patilima, “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Dasar, vol. 0, no. 0, pp. 228–236, 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069
F. Nastiti and A. Abdu, “Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0,” Edcomtech J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 61–66, 2020, doi: 10.17977/um039v5i12020p061.
R. Montacute, “Social mobility and Covid-19,” Sutt. Trust, no. April, 2020, [Online]. Available: https://www.suttontrust.com/wpcontent/uploads/2020/04/COVID-19-and-Social-Mobility1.pdf
S. Dawadi, R. A. Giri, and P. Simkhada, “Impact of COVID-19 on the Education Sector in Nepal: Challenges and Coping Strategies Saraswati Dawadi 1 , Ram Ashish Giri 2 and Padam Simkhada 3,” pp. 1–16, 2020.
S. Sudirman, “Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Penggunaan Internet of Things (IoT) dalam Menunjang Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di SDN 3 Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek,” J. Pendidik. Ris. dan Konseptual, vol. 5, no. 2, p. 287, 2021, doi: 10.28926/riset_konseptual.v5i2.341.
M. R. Rianda, Y. N. Kunang, E. S. Negara, and I. Herdiansyah, “Analisis IT Strategic Plan Terhadap Pengembangan Infrastruktur IT Menggunakan Metode Ward And Peppard di Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 18, no. 1, pp. 35–49, 2024, doi: 10.33998/mediasisfo.2024.18.1.1632.