Efektivitas Penggunaan Teknologi Sebagai Desain Pelatihan Untuk Meningkatkan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Ni Rury Heranda Meduri Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung
  • Riswandi Riswandi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung
  • Muhammad Nurwahidin Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.23

Keywords:

Teknologi, Desain Pelatihan, Profesional Guru

Abstract

Sangat penting untuk mengejar pengembangan profesional berkelanjutan untuk meningkatkan kaliber sumber daya manusia Anda. Seiring dengan persyaratan untuk pendidikan berkelanjutan, program persiapan guru harus mengatasi masalah yang secara langsung membantu guru dalam melakukan pekerjaannya. Guru dilatih untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap mental, dan kepribadiannya agar dapat melaksanakan tanggung jawabnya di sekolah dan membina pembelajaran seefektif mungkin.  Kebutuhan sektor menginformasikan perkembangan pelatihan guru. Untuk mencapai tujuan, sangat penting untuk mengembangkan model manajemen pelatihan manajemen yang mencakup tindakan dan prosedur. Untuk mengelola pelatihan, diperlukan untuk mengaturnya. Individu, organisasi, dan masyarakat semuanya dapat memperoleh manfaat dari pelatihan fungsional jika dikelola dengan baik dan profesional.

References

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291

Febriana, R. (2016). Identifikasi Komponen Model Pelatihan Pedagogi untuk Meningkatkan Profesionalitas Calon Guru Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 79. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9487

Flynn, Ë. J., & Waldo, B. (2005). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1–8.

Herdi, Y. &. (2021). Jurnal Edukasi Saintifik. EDUKASI Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 15–26.

Jamil, Burhan, Musa, S., Arifin, Z., & Asdam, B. (2017). Pelatihan Desain dan Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran di Desa Pitue, Kecamatan Ma’arang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka.

Lengkong, V. P. K. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Desain Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelatihan Guru Sma/Smk/Ma Manado Pada Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2368–2377.

Mulyanah, N., & Andriani, A. (2021). Strategi Bimbingan dan Pelatihan Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 67. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.9229

Nasution, F. S., Irwandi, I., & Rahman, A. (2021). Deskripsi Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMK. Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 2(1), 205–210.

Nu’man, A. Z. (2013). Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Salamah, I., Kusumanto, R., & Lindawati, L. (2020). Peningkatan profesionalisme guru SDN 2 Palembang melalui pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 73–84. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1958

Samsu, R., Hardyanto, W., & Sudana, I. M. (2017). Efektifitas Model Supervisi Akademik Online pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Educational Management, 6(2), 95–99.

Silalahi, P., Agripina, C., & Agita, Y. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran dengan E-learning Berbasis LMS Moodle. Journal of Applied Community Engagement, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.52158/jace.v1i1.125

Silalahi, P., Model Pelatihan Pengintegrasian Teknologi, P., Manufaktur Negeri Bangka, P., & Air Kantung Sungai liat, J. (2015). Pengembangan Model Pelatihan Pengintegrasian Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru SD. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 1–14. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5388

Suminar, W. T. (2011). Implementasi dan Kelayakan E-Learning untuk Mata Diklat Produktif Desain Web di Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 WONOSOBO. 49–50.

Susanti. (2016). Efektifitas Pengelolaan Pengembangan. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2), 37–51.

Takda, A., Tahang, L., Sukariasih, L., Sahara, L., & Nursalam, L. O. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pada Guru Smp-Tq Mu’Adz Bin Jabal Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 1(1), 8. https://doi.org/10.35870/jpmn.v1i1.265

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38

Vi, B. A. B., Berorientasi, D. E., Society, D. I. E. R. A., Sutarto, J., Raharjo, T. J., & Indaryanti, B. (n.d.). Kebutuhan Peserta Pelatihan. 136–162.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Heranda Meduri, N. R., Riswandi, R., & Nurwahidin, M. . (2022). Efektivitas Penggunaan Teknologi Sebagai Desain Pelatihan Untuk Meningkatkan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 52–59. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.23

Issue

Section

Articles