In House Training Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.24Keywords:
In House Training, Kinerja Guru, Kompetensi GuruAbstract
Saat mengevaluasi sistem pendidikan di Indonesia, sangat penting untuk berfokus pada efektivitas guru di kelas. Keterampilan seorang guru sangat penting untuk kualitas pendidikan siswa dan karir selanjutnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi keberhasilan program In House Training (IHT) dalam meningkatkan kinerja guru. Salah satu metode untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesional pendidik adalah melalui In House Training. Penelitian ini menggunakan metodologi Systematic Literature Review (SLR), yang memerlukan peninjauan literatur yang relevan secara sistematis dan menilai temuannya secara kritis. Tim peneliti merekam dan membaca setiap dan semua publikasi yang dapat mereka temukan tentang In-House Training, efektivitas guru, dan kompetensi pedagogis. Berdasarkan temuan studi yang ada, program in house training (IHT) berhasil meningkatkan kualitas kerja tenaga pendidik. Seperti yang ditunjukkan dengan keberhasilan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan guru. Guru dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengarahkan siswa mereka jika mereka lebih mampu secara langsung mengawasi pembelajaran di kelas, dan jika mereka mahir dalam manajemen kelas. Adanya efektifitas guru dalam menyusun media pembelajaran menjadi salah satu tolak ukur dalam meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar yang terus dapat ditingkatkan melalui program pelatihan in house training (IHT).
References
Diana, Eka. "Urgensi in house training dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di masa pandemi covid-19." Jurnal Basicedu 5.5 (2021): 3290-3298.
Giarti, Sri, and Suhandi Astuti. "Implementasi TQM melalui pelatihan model in house training untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD." Scholaria: Jurnal pendidikan dan kebudayaan 6.2 (2016): 80-91.
Hardono, Hardono, Haryono Haryono, and Amin Yusuf. "Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru." Educational Management 6.1 (2017): 26-33.
Hariadi, Fajar. "Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Melalui In House Training di SMA Negeri 4 Tanah Putih." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.3 (2021): 6870-6880.
Hariyati, Rr Tutik Sri, et al. "Correlation between career ladder, continuing professional development and nurse satisfaction: a case study in Indonesia." International Journal of Caring Sciences 10.3 (2017): 1490-1497.
Harti, Hasyuni. "Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan IHT (in house training)." Ensiklopedia Education Review 4.2 (2022): 113-118.
Jayadipura, Yadi. "In house training untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP." Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 2.2 (2018): 260-268.
Mandasari, J. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan.LENTERNAL: Learning and Teaching Journal,1(1), 22-30
Maolana, Asep Dimyadi. "Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui in house training." Jurnal Pendidikan Tambusai 2.3 (2018): 953-969.
Mustamin, Mustamin. "Efektifitas In-House Training Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMPN 1 Sakra Timur." Jurnal Suluh Edukasi 2.1 (2021): 13-21.
Noorjannah, Lilies. "Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung." Jurnal Humanity 10.1 (2014).
Nurbaiti, Farida. "Peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan video pembelajaran melalui In House Training (IHT) di SMP Negeri 26 Depok." Jurnal Pendidikan Indonesia 2.3 (2021): 375-386.
Nuruningsih, Sri, and Risqi Ekanti Ayuningtyas Palupi. "Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Focus Group Discussion pada Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru di SDN Pondok 03." Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 9.1 (2021): 51-57.